Langsung ke konten utama

Contoh Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

Contoh Kurikulum Tingkat Sautan Pendidikan

                                                                       BAB I
PENDAHULUAN
A. Rasional
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai  tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan ini meliputi tujuan Pendidikan Nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi satuan pendidikan.
Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang beragam mengacu pada Standar Nasional Pendidikan untuk menjamin tujuan pendidikan nasional. Dua dari Standar Nasional Pendidikan tersebut yaitu Standar Isi (SI) yang ditetapkan dengan Kep. Mendiknas No.22 tahun 2006 dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang telah ditetapkan dengan Kepmendiknas No.23 Tahun 2006 merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.
Pengembangan kurikulum disusun antara lain agar dapat memberi kesempatan peserta didik untuk: (a) belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa. (b) Belajar untuk memahami dan menghayati, (c) belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif, (d) belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain, dan (e) belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
Penyusunan KTSP sangat diperlukan untuk mengakomodasi semua potensi yang ada didaerah dan untuk meningkatkan kualitas satuan pendidikan dalam bidang akademis maupun non akademis, memelihara budaya daerah, mengikuti perkembangan IPTEK yang dilandasi Imam dan Taqwa.
Kewenangan sekolah dalam menyusun kurikulum memungkinkan sekolah menyesuaikan dengan tuntutan kebutuhan siswa, keadaan sekolah memiliki kewenangan untuk merancang dan menentukan hal-hal yang akan diajarkan, pengelolaan pengalaman belajar, cara mengajar dan menilai keberhasilan belajar mengajar.

B.  Tujuan
Tujuan Kurikulum adalah untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga Negara yang beriman , produktif , inofatif , dan efektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat , berbangsa , bernegara, dan peradaban dunia.
C.  Pengertian
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Kurikulum KTSP adalah kurikulum  operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan.
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok / pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar.











BAB II
                            VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH
A.    Visi
Adapun visi SD Negeri 10 Ela-Ela Kecamatan Ujungbulu Kabupaten Bulukumba yang ingin dicapai adalah:
“Menghasilkan Siswa Yang Unggul Dalam Iptek, Terampil Dan Berakhlak Mulia Serta Berwawasan Lingkungan.
B.     Misi
1.      Menanamkan sikap disiplin yang kuat.
2.      Menanamkan dasar-dasar perilaku berbudi pekerti berakhlak mulia.
3.      Menekankan pada kemahiran membaca, menulis, dan berhitung.
4.      Menciptakan proses belajar mengajar Pakem dan berkualitas.
5.      Mengefektifkan kegiatan keagamaan guna mewujudkan manusia yang yang beriman dan bertaqwa.
6.      Melakukan upaya pelestarian fungsi lingkungan dan mencegah terjadinya pencemaran serta kerusakan lingkungan

C.    TUJUAN
1.      Terjalinnya potensi siswa secara optimal melalui proses Pakem yang tepat dan berkualitas.
2.      Tumbuhnya sikap disiplin dalam diri siswa melalui tata tertib sekolah yang baik serta pengelolaan sekolah yang kondusif.
3.      Terbentuknya akhlak yang terpuji pada segala tindakan nyata siswa, berdasarkan agama, bangsa dan negara melalui penghayatan yang mendalam tentang lingkungan sekitar baik lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat maupun lingkungan keluarganya.
4.      Terwujudnya sikap belajar yang tangguh dalam diri siswa dalam mencapai cita-cita menjadi insan yang berbudi luhur, cerdas, terampil, beriman dan bertaqwa, dan berwawasan lingkungan

BAB III
KERANGKA DASAR DAN KOMPONEN KURIKULUM
TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN SDN. 10 ELA - ELA
A.    Kerangka Dasar Kurikulum SD Negeri No.10 Ela-Ela Kec. Ujungbulu
1.      Kelompok Mata Pelajaran
            Peraturan Pemerintah, Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal
            6 ayat (1) menyatakan bahwa kurikulum untuk jenis pendidikan umum, kejuruan dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas :
a.       Kelompok mata pelajaran Pendidikan Agama dan Akhlak Mulia
b.      Kelompok mata pelajaran Kewarganegaraan dan Kepribadian
c.       Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
d.      Kelompok mata pelajaran estetika
e.       Kelompok mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.
      Cakupan setiap kelompok mata pelajaran disajikan pada tabel .1
      Tabel 1 : Cakupan kelompok mata pelajaran
No
Kelompok Mata Pelajaran
Cakupan
1.
Agama dan Ahlak Mulia
Kelompok  Mata Pelajaran dan ahlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik. Menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa serta berahlak mulia. Ahlak mulia mencakup etika, budi pekerti atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.

2.
Kewarganegaraan dan Kepribadian
Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian di masukan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa, wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela Negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab social ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi dan nepotisme.
3.
Ilmu Pengetahuan dan teknologi
Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SD Negeri No.10 Ela-Ela Kecamatan Ujung Bulu dimaksudkan untuk mengenal, menyikapi dan mengapresiasi ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menanamkan kebiasaan berfikir dan berperilaku ilmiah yang kritis, kreatif dan mandiri
4.
Estetika
Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis.
5.
Jasmani, Olahraga dan kesehatan
Kelompok mata pelajaran jasmani, Olahraga dan kesehatan pada SD Negeri 10 Ela-Ela, meningkatkan potensi fisik serta menanamkan sportivitas dan kesadaran hidup sehat.
Budaya hidup sehat termasuk kesadaran, sikap dan perilaku hidup sehat yang bersifat individual ataupun yang bersifat kolektif kemasyarakatan seperti keterbatasan dari perilaku seksual bebas, kecanduan narkoba, dan penyakit lain yang potensial untuk mewabah.

2.      Prinsip Pengembangan Kurikulum SD Negeri 10 Ela-Ela.
1.      Kurikulum tingkat satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah dikembangkan oleh sekolah dan komite sekolah berpedoman pada standar kompetensi lulusan dan standar isi serta panduan penyusunan kurikulum yang dibuat oleh BSNP. Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip berikut :
a.       Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
                        Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut pengembangan kompetensi peserta didik disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan peserta didik serta tuntutan lingkungan.

b.      Beragam dan terpadu
                        Kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan keragaman karateristik peserta didik, kondisi daerah, dan jenjang serta jenis pendidikan tanpa membedakan agama, suku, budaya dan adat istiadat serta status social ekonomi dan gender. Kurikulum meliputi substansi komponen muatan wajib kurikulum, muatan lokal, pengembangan diri secara terpadu, serta disusun dalam keterkaitan dan kesinambungan yang bermakna dan tepat antar substansi.
c.       Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
                        Kurikulum dikembangkan atas dasar kesadaran bahwa ilmu pengetahuan, teknologi dan seni berkembangan secara dinamis dan oleh karena itu, semangat dan isi kurikulum mendorong peserta didik untuk mengikuti dan memanfaatkan secara tepat perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
d.      Relevan dengan kebutuhan kehidupan
                        Pengembangan kurikulum dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan (stekholder) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk didalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha dan dunia kerja. Oleh karena itu, pengembangan keterampilan pribadi, keterampilan berfikir, keterampilan sosial, keterampilan akademik, dan keterampilan vokasional merupakan keniscayaan.
e.       Menyeluruh dan berkesinambungan Substansi kurikulum mencakup keseluruhan dimensi kompetensi, bidang kajian keilmuan dan mata pelajaran yang direncanakan dan disajikan secara berkesinambungan antar semua jenjang pendidikan.
f.       Belajar sepanjang hayat
  Kurikulum diarahkan kepada proses pengembangan, pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat, kurikulum mencerminkan keterkaitan antara unsur-unsur pendidikan formal, non formal dan informal, dengan memperhatikan kondisi dan tuntutan lingkungan yang selalu berkembang serta arah pengembangan manusia seutuhnya.
2.      Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan kepentingan nasional dan kepentingan daerah untuk membangun kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kepentingan nasional dan kepentingan daerah harus saling mengisi dan memberdayakan de Motto Bhineka Tunggal Ika dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.
3.   Prinsip Pelaksanaan Kurikulum SD Negeri No.10 Ela - Ela
           Dalam pelaksanaan kurikulum disetiap satuan pendidikan menggunakan prinsi-prinsip sebagai berikut :
a.       Pelaksanaan kurikulum didasarkan pada potensi, perkembangan dan kondisi peserta didik harus mendapatkan pelayanan pendidikan yang bermutu, serta memperoleh kesempatan untuk mengekspresikan dirinya secara bebas, dinamis dan menyenangkan.
b.      Kurikulum dilaksanakan dengan menegakkan kelima pilar belajar yaitu :
(a)    Belajar untuk beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
(b)   Belajar untuk memahami dan menghayati
(c)    Belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif
(d)   Belajar untuk hidup bersama dan berguna bagi orang lain, dan
(e)    Belajar untuk membangun dan menemukan jati diri, melalui proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
c.       Pelaksanaan kurikulum memungkinkan peserta didik mendapat pelayanan yang bersifat perbaikan, pengayaan, dan atau percepatan sesuai dengan potensi, tahap perkembangan, dan kondisi peserta didik dengan tetap memperhatikan keterpaduan pengembangan pribadi peserta didik yang berdimensi ke Tuhanan, keindividuan, kesosialan dan moral.
d.      Kurikulum dilaksanakan dalam suasana hubungan peserta didik dan pendidik  yang saling menerima dan menghargai, akrab, terbuka dan hangat, dengan prinsip Tut Wuri Handayani, Ing Madya  Mangun Karsa, Ing Ngarso Sung Tulada ( dibelakang memberikan daya dan kekuatan, ditengah membangun semangat dan prakarsa, didepan memberikan contoh dan teladan)
e.       Kurikulum dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan multi strategi dan multi media, sumber belajar dan teknologi yang memadai, dan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar, dengan prinsip memberikan wawasan berfikir. Semua yang terjadi tergelar dan berkembang dimasyarakatkan dan lingkungan sekitar serta lingkungan alam semesta dijadikan sumber belajar, contoh dan teladan.
f.       Kurikulum dilaksanakan dengan mendayagunakan kondisi alam, Sosial dan budaya seni serta kekayaan daerah untuk keberhasilan pendidikan dengan muatan seluruh bahan kajian secara optimal.
g.      Kurikulum yang mencakup seluruh komponen kompetensi mata pelajaran, muatan local dan pengembangan diri diselenggarakan dalam kesinambungan keterkaitan dan kesinambungan yang cocok dan memadai antar kelas dan jenjang pendidikan.

B.    Struktur Kurikulum Pendidikan SD Negeri No. 10 Ela-Ela
           Struktur kurikulum SD Negeri No.10 Ela-Ela Kecamatan Ujungbulu merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran, kedalaman muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran pada setiap satuan pendidikan dituangkan dalam komponen yang harus dikuasai peserta didik dengan belajar yang tercantum dalam struktur kurikulum. Kompetensi yang dimaksud terdiri atas standar kompetensi lulusan, muatan local dan kegiatan pengembangan diri merupakan bagian integral dari struktur kurikulum pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.
1.      Struktur Kurikulum SD Negeri No.10 Ela-Ela Kecamatan Ujungbulu
     Struktur Kurikulum SD Negeri No.10 Ela-Ela Kecamatan Ujung Bulu meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama enam tahun mulai kelas I sampai kelas VI. Struktur kurikulum SD Negeri No.10 Ela-Ela Kecamatan Ujungbulu disusun berstandarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut :
a.    Kurikulum SD Negeri No.10 Ela-Ela Kecamatan Ujungbulu memuat 8 Mata pelajaran, muatan lokal merupakan kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan kedalam mata pelajaran yang ada. Substansi muatan lokal ditentukan oleh satuan pendidikan.
Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru. Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan  dan, mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor guru atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar dan pengembangan karir peserta didik.
b.   Substansi mata pelajaran IPA dan IPS pada SD Negeri No.10 Ela-Ela Kecamatan Ujung Bulu merupakan “IPA Terpadu” dan “IPS Terpadu”
c.    Pembelajaran pada kelas I s/d  III dilaksanakan melalui pendekatan Tematik terpadu sedangkan Kelas IV s/d VI dilaksanakan melalui pendekatan mata pelajaran.
d.   Jam pelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana  tertera dalam Struktur Kurikulum
e.    Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 35 menit
f.    Minggu Efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 34-38 Minggu.
















A. Struktur Kurikulum SD Negeri No.10 Ela-Ela Kecamatan Ujung Bulu
      Tabel .2 Struktur Kurikulum
KOMPONEN
KELAS DAN ALOKASI WAKTU
JUMLAH
I
II
III
IV
V
VI
A.    Mata Pelajaran






Pendekatan
Tematik





1. Pendidikan Agama
4
4
4
12
2. Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
6
3. Bahasa Indonesia
6
6
6
18
4. Matematika
6
6
6
18
5. Ilmu Pengetahuan Alam
5
5
5
15
6. Ilmu Pengetahuan Sosial
3
3
3
9
7. Seni Budaya dan Keterampilan
4
4
4
12
8. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan kesehatan
4
4
4
12
B.     Muatan Lokal

1.      Bahasa Daerah



2



2



2



6

C.     Pengembangan Diri / Ekstrakurikuler

*      BTA
*      Olahraga dan Seni
*      Pramuka
*      PLH


2
*
*
*
2
*
*
*
2
*
*
*
6
*
*
*

32
34
36
38
38
38


C.    Muatan Kurikulum
      1. Mata Pelajaran
            a. Pendidikan Agama
                 Tujuan :
-          Memberikan wawasan terhadap ajaran Islam
-          Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa sesuai tuntutan Al-Quran dan Sunnah
            b.  Pendidikan Kewarganegaraan
                 Tujuan :
-          Memberikan pemahaman terhadap siswa tentang kesadaran hidup, berbangsa dan bernegara dan pentingnya penanaman ras persatuan dan kesatuan.
            c. Bahasa Indonesia
                 Tujuan :
-          Membina keterampilan berbahasa secara lisan dan tertulis serta dapat menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi dan sarana pemahaman terhadap IPTEK.
            d. Matematika
                 Tujuan :
-          Memberikan pemahaman logika dan kemampuan dasar matematika dalam rangka penguasaan IPTEK
            e.  Ilmu Pengetahuan Alam
                 Tujuan :
-          Memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada siswa untuk menguasai
                 dasar-dasar sains dalam rangka penguasaan IPTEK
            f.  Ilmu Pengetahuan Sosial
                 Tujuan :
-          Memberikan pengetahuan sosial kultural masyarakat yang majemuk, mengembangkan kesadaran hidup bermasyarakat serta memiliki keterampilan hidup secara mandiri.
            g.  Seni Budaya dan Keterampilan
                 Tujuan :
-          Mengembangkan Apresiasi seni, daya kreasi, dan kecintaan pada seni budaya nasional
            h.  Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan
                 Tujuan :
-          Menanamkan kebiasaan hidup sehat, meningkatkan kebugaran dan keterampilan dalam bidang olahraga, menanamkan rasa sportifitas, tanggung jawab, disiplin dan percaya diri pada siswa.

2.      Muatan Lokal
a.    Bahasa Daerah (Bahasa Bugis)
Tujuan :
-    Mengembangkan kemampuan dan keterampilan berkomunikasi siswa dengan menggunakan bahasa darahnya
-    Meningkatkan kepekaan dan penghayatan terhadap karya sastra daerahnya.
-    Memupuk tanggung jawab untuk melestarikan hasil kreasi budaya daerah sebagai salah satu unsur kebudayaan nasional.
3.      Pengembangan Diri / Ekstrakurikuler
Kegiatan pengembangan diri berdasarkan kondisi objektif sekolah maka kegiatan pengembangan diri dipilih dan ditetapkan adalah :
a.    Keagamaan ( BTA )
1.      Ceramah agama
2.      Tajwid
3.      Menghafal surah – surah pendek dan doa-doa
b.   Olahraga dan Seni
c.    Pramuka
d.   Pendidikan Lingkungan Hidup ( PLH )
4.   Beban Belajar
             Satuan pendidikan dapat menyelenggarakan program pendidikan dengan menggunakan sistem paket ataupun sistem kredit semester. Berdasarkan dengan jenjang dan kategori satuan pendidikan, maka SDN No.10 Ela-Ela Kecamatan Ujungbulu melaksanakan program pendidikan dengan paket.
            Sistem paket adalah sistem penyelenggaraan program pendidikan yang peserta didiknya diwajibkan mengikuti seluruh program pembelajaran dan beban belajar yang sudah ditetapkan untuk setiap kelas sesuai dengan struktur kurikulum yang telah ditetapkan beban belajar untuk setiap mata pelajaran pada sistem paket ini dinyatakan dalam jam pembelajaran
            Beban belajar dirumuskan dalam bentuk satuan waktu yang dibutuhkan oleh peserta didik untuk mengikuti program pembelajaran, melalui sistem tatap muka, penugasan berstruktur, dan kegiatan mandiri yang tidak berstruktur. Hal ini dimaksudkan untuk mencapai standar kompetensi lulusan dengan memperhatikan tingkat perkembangan peserta didik.
            Kegiatan tatap muka adalah kegiatan pembelajaran yang berupa proses interaktif antara peserta didik dengan pendidik. Beban belajar adalah kegiatan tatap muka perjam pembelajaran pada masing-masing satuan pendidikan.
            Untuk Sekolah Dasar beban belajar berlangsung selama 35 menit perjam tatap muka untuk setiap pembelajaran.
            Beban belajar kegiatan tatap muka perminggu pada satuan pendidikan SDN N0.10 Ela-Ela Kecamatan Ujung Bulu sebagai berikut :
1.   Kelas I s/d III adalah 32 s/d 36 jam pembelajaran
2.   Kelas IV s/d VI adalah 38 jam Pembelajaran
     Beban Belajar Kegiatan Tatap Muka Keseluruhan untuk satuan Pendidikan SDN No.10  Ela-Ela Kecamatan Ujung Bulu seperti pada Tabel dibawah ini :
Satuan Pendidikan
Kelas
Satu Jam Pembelajaran Tatap muka
Jumlah Jam Pembelajaran Perminggu
Minggu Efektif Pertahun Pelajaran
Waktu Pembelajaran
Pertahun
Jumlah Jam Pertahun @ 60 Menit
SDN No.10 Ela-Ela
1 s/d III
35
Kelas :
I = 32

II = 34

III = 36
38
Kelas :
I.35 x 32 x 38 = 42.560 Menit
II. 35 x 34 x 38 = 45.220 Menit
III. 35 x 36 x 38 = 47.880 Menit
Kelas :
I.    709 Jam
II.  754 JAM
III. 798 JAM
     
5.   Ketuntasan Belajar
            Ketuntasan belajar setiap indikator yang telah ditetapkan dalam satuan kompetensi dasar berkisar antara 0 – 100%. Dengan mempertimbangkan antara kompleksitas, daya dukung dan siswa, maka standar ketuntasan belajar SDN No.10 Ela-Ela ditetapkan sebagai berikut :







No
KOMPONEN
STANDAR
KETUNTASAN BELAJAR KLS. I s/d VI
A.









B.


  C.



Mata Pelajaran
1. Pendidikan Agama
2. Pendidikan Kewarganegaraan
3. Bahasa Indonesia
4. Matematika
5. Ilmu Pengetahuan Alam
6. Ilmu Pengetahuan Sosial
7. Seni Budaya dan Keterampilan
8. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan kesehatan
Muatan Lokal
1.      Bahasa Daerah
 Pengembangan Diri/ Ekstrakurikuler
1.       Baca Tulis Al Quran ( BTA )
2.      Olahraga dan Seni
3.      Pramuka
4.      Pendidikan Lingkungan Hidup
( PLH )




1.      
2.      
3.      
4.      

76 %
76 %
76 %
76 %
76 %
76 %
75 %
75 %

70 %

















Pencapaian standar ketuntasan belajar yang telah ditetapkan pada satuan pendidikan SDN No.10 Ela-Ela Kecamatan Ujungbulu menjadi faktor utama dalam:
6.   Kurikulum Kelas dan Kelulusan
1.      Kenaikan Kelas
Kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun pelajaran. Kriteria kenaikan kelas diatur oleh masing-masing direktoral teknis yang terkait.
a.       Kriteria kenaikan kelas
1.      Nilai Rapor diambil dari nilai pengamatan, nilai tugas / PR, nilai MID semester, dan nilai akhir semester dijumlahkan untuk mencari nilai rata-rata setiap siswa dalam satu mata pelajaran yang sesuai dengan standar ketuntasan belajar (SKB) di SDN 10 Ela-Ela.
2.      Tidak memperoleh angka merah untuk mata pelajaran Pendidikan Agama, PKn dan Bahasa Indonesia
3.      Kerajinan dan kelakuan mendapat nilai baik.
4.      Memiliki rapor di kelasnya masing-masing.
b.      Penentuan Kenaikan kelas
1.      Penentuan siswa yang naik kelas dilakukan oleh sekolah dalam suatu rapat Dewan Guru dengan mempertimbangkan SKB, Sikap / Penilaian / Budi pekerti dan kehadiran siswa yang bersangkutan.
2.      Siswa yang dinyatakan naik kelas, harus dituliskan dalam rapor
3.      Siswa yang tidak naik kelas harus mengulang dikelasnya.
2.      Kelulusan
      Sesuai dengan PP 19/2005 pasal 72 ayat (1), peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan pada pendidikan dasar dan menengah setelah :
a.       Menyelesaikan seluruh program pembelajaran
b.      Memperoleh niai minimal sama dengan KKM kelas, baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran, kelompok mata pelajaran agama dan ahlak mulia, kelompok kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika dan kelompok mata pelajaran jasmani olah raga dan kesehatan
c.       Lulus ujian sekolah/madrasah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi.
d.      Lulus ujian nasional.

3.      Penentuan Kelulusan
a.       Kriteria Kelulusan
Hasil  ujian dituangkan ke dalam blangko daftar nilai ujian. Hasil ujian dimanfaatkan sebagai bahan pertimbangan dengan kriteria sebagai berikut :
1.      Memiliki rapor Kelas VI
2.      Telah mengikuti ujian sekolah dan memiliki nilai untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan, minimal nilai masing-masing mata pelajaran 6.00
b.      Penentuan Kelulusan
1.      Penentuan siswa yang lulus dilakukan oleh sekolah dalam suatu rapat dewan guru dengan mempertimbangkan nilai rapor, nilai ujian sekolah, sikap/perilaku/budi pekerti siswa yang bersangkutan dan memenuhi kriteria kelulusan.
2.      Siswa yang dinyatakan lulus di beri Ijazah, dan rapor sampai dengan semester 2 kelas VI Sekolah Dasar.
3.      Siswa yang tidak lulus, tidak memperoleh ijazah dan mengulang di kelas terakhir (kelas VI)
7.   Pendidikan Kecakapan Hidup
a.       Kurikulum untuk SD Negeri No.10 Ela - Ela Kecamatan ujung bulu memasukkan pendidikan kecakapan hidup, yang mencakup kecakapan pribadi, kecakapan social, kecakapan akademik dan / atau kecakapan vokasional.
b.      Pendidikan kecakapan hidup merupakan bagian integral dari pendidikan semua mata pelajaran dan /atau berupa paket/modul yang direncanakan secara khusus.
c.       Pendidikan kecakapan hidup dapat diperoleh peserta didik dari satuan pendidikan yang bersangkutan dan /atau dari satuan pendidikan formal lain.
8.   Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global.
a.       Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global adalah pendidikan yang memanfaatkan keunggulan local dan kebutuhan daya saing global dalam aspek ekonomi, budaya, bahasa, teknologi informasi dan komunikasi, ekologi dan lain-lain, yang semuanya bermanfaat bagi pengembangan kompetensi peserta didik.
b.      Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global merupakan bagian dari semua mata pelajaran dan juga dapat menjadi mata pelajaran muatan lokal.
c.       Pendidikan berbasis keunggulan local dapat diperoleh peserta didik dari satuan pendidikan formal lain dan / atau satuan pendidikan non formal.
D.    KALENDER PENDIDIKAN
Kurikulum satuan pendidikan SD Negeri 10 Ela - Ela diselenggarakan dengan mengikuti kalender pendidikan pada setiap tahun ajaran. Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran yang mencangkup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur

A.  Alokasi Waktu
Permulaan tahun pelajaran adalah waktu dimulainya kegiatan pembelajaran pada awal tahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan.
Minggu efektif  belajar adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap tahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan.
Waktu pembelajaran efektif adalah jumlah jam pembelajaran setiap minggu, meliputi jumlah jam pembelajaran untuk seluruh mata pelajaran termasuk muatan lokal, ditambah jumlah jam untuk kegiatan pengembangan diri.
Waktu libur adalah waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakan kegiatan pembelajaran terjadwal pada satuan pendidikan yang dimaksud. Waktu libur dapat berbentuk jeda tengah semester, jeda antar semester, libur akhir tahun pelajaran,hari libur keagamaan, hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional, dan hari libur khusus.
B.     KALENDER KEGIATAN SD.NEGERI 10 ELA - ELA TAHUN PELAJARAN 2015/2016
JULI 2015
JML. HBE
TGL
URAIAN KEGIATAN
Minggu

5
12
19
26



Senin

6
13
20
27

27
Hari pertama masuk sekolah
Selasa

7
14
21
28
1
28-29
MOS (Masa Orientasi Siswa)
Rabu
1
8
15
22
29
1


Kamis
2
9
16
23
30
1


Jumat
3
10
17
24
31
1


Sabtu
4
11
18
25

1


JUMLAH
5

1 Minggu Efektif
               


AGUSTUS 2015
JML. HBE
TGL
URAIAN KEGIATAN
Minggu

2
9
16
23
30



Senin

3
10
17
24
31
4
17
Hari Proklamasi Kemerdekaan RI
Selasa

4
11
18
25

4


Rabu

5
12
19
26

4


Kamis

6
13
20
27

4


Jumat

7
14
21
28

4


Sabtu

8
15
22
29

5


JUMLAH
25

6 Minggu Efektif

SEPTEMBER 2015
JML. HBE
TGL
URAIAN KEGIATAN
Minggu

6
13
20
27



Senin

7
14
21
28
4


Selasa
1
8
15
22
29
5


Rabu
2
9
16
23
30
5


Kamis
3
10
17
24

3
24
Libur Hari Raya idul Adha
Jumat
4
11
18
25

4


Sabtu
5
12
19
26

4


JUMLAH
25

6 Minggu Efektif





OKTOBER 2015
JML HBE
TGL
URAIAN KEGIATAN
Minggu

4
11
18
25



Senin

5
12
19
26
4
5-10
UTS
Selasa

6
13
20
27
4


Rabu

7
14
21
28
3
14
Tahun Baru ISLAM
Kamis
1
8
15
22
29
5


Jumat
2
9
16
23
30
5


Sabtu
3
10
17
24
31
5


JUMLAH
26

6 Minggu Efektif

NOVEMBER  2015
JML HBE
TGL
URAIAN KEGIATAN
Minggu

1
8
15
22
29



Senin
-
2
9
16
23
30
5


Selasa
-
3
10
17
24

4


Rabu
-
4
11
18
25

4


Kamis
-
5
12
19
26

4


Jumat
-
6
13
20
27

4


Sabtu
-
7
14
21
28

5


JUMLAH
25

6 Minggu Efektif











DESEMBER  2015
JML HBE
TGL
URAIAN KEGIATAN
Minggu

6
13
20
27



Senin

7
14
21
28
3
7-12
Ujian Semester ganjil
Selasa
1
8
15
22
29
4
14-23
Pengelolaan Nilai
Rabu
2
9
16
23
30
4
26
Pembagian Rapor
Kamis
3
10
17
24
31
3
28-31
Libur Semester I
Jumat
4
11
18
25

3


Sabtu
5
12
19
26

3


JUMLAH
20

6 Minggu Efektif

JANUARI  2016
JML HBE
TGL
URAIAN KEGIATAN
Minggu

3
10
17
24
31



Senin

4
11
18
25

4
1
Tahun Baru Masehi
Selasa

5
12
19
26

4
2
Libur Semester Ganjil
Rabu

6
13
20
27

4
4
Hari pertama Masuk Sekolah
Kamis

7
14
21
28

4


Jumat
1
8
15
22
29

4


Sabtu
2
9
16
23
30

4


JUMLAH
24

6 Minggu Efektif






FEBRUARI  2016
JML HBE
TGL
URAIAN KEGIATAN
Minggu

7
14
21
28



Senin
1
8
15
22
29
4
8
Tahun Baru Imlek
Selasa
2
9
16
23

4
29
UTS
Rabu
3
10
17
24

4


Kamis
4
11
18
25

4


Jumat
5
12
19
26

4


Sabtu
6
13
20
27

4


JUMLAH
24

6 Minggu Efektif

MARET  2016
JML HBE
TGL
URAIAN KEGIATAN
Minggu

6
13
20
27



Senin

7
14
21
28
4
1-5
UTS
Selasa
1
8
15
22
29
5
9
Hari Raya Nyepi
Rabu
2
9
16
23
30
4
25
Wafat Isa Al-Masih
Kamis
3
10
17
24
31
5


Jumat
4
11
18
25

3


Sabtu
5
12
19
26

4


JUMLAH
25

6 Minggu Efektif





APRIL 2016
JML HBE
TGL
URAIAN KEGIATAN
Minggu

3
10
17
24



Senin

4
11
18
25
4


Selasa

5
12
19
26
4


Rabu

6
13
20
27
4


Kamis

7
14
21
28
4


Jumat
1
8
15
22
29
5


Sabtu
2
9
16
23
30
5


JUMLAH
26

6 Minggu Efektif

MEI  2016
JML HBE
TGL
URAIAN KEGIATAN
Minggu
1
8
15
22
29



Senin
2
9
16
23
30
5
3-7
Perkiraan US SD/MI
Selasa
3
10
17
24
31
5
16-18
Perkiraan UN SD/MI
Rabu
4
11
18
25

4
30-31
Ujian Semester Genap
Kamis
5
12
19
26

4


Jumat
6
13
20
27

4


Sabtu
7
14
21
28

4


JUMLAH
26

6 Minggu Efektif





JUNI  2016
JML HBE
TGL
URAIAN KEGIATAN
Minggu

5
12
19
26



Senin

6
13
20
27
2
1-4
Ujian Semester Genap
Selasa

7
14
21
28
2
6-11
Libur Awal Puasa
Rabu
1
8
15
22
29
3
13-18
Pengolahan Nilai Semester II
Kamis
2
9
16
23
30
3
20-24
Pesantren Kilat
Jumat
3
10
17
24

3
25
Pembagian Rapor
Sabtu
4
11
18
25

3


JUMLAH
16

6 Minggu Efektif















BAB IV
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) SATUAN PENDIDIKAN
DAN STANDAR KOMPETENSI KELOMPOK MATA PELAJARAN
A.    Standar Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan (SKL-SP) SDN No.10 Ela-Ela Kecamatan Ujung Bulu
            Standar Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan (SKL-SP) dikembangkan berdasarkan tujuan setiap satuan pendidikan, yakni : Meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian ahlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut
            Adapun Standar Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan (SKL.SP) selengkapnya adalah :
1.      Menjalankan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak.
2.      Mengenal kekurangan dan kelebihan diri sendiri
3.      Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungannya.
4.      Menghadapi keberagaman agama, budaya, suku, ras dan golongan social ekonomi di lingkungan sekitarnya.
5.      Menggunakan informasi tentang lingkungan sekitar secara logis, kritis dan kreatif
6.      Menunjukkan kemampuan berfikir logis, kritis dan kreatif dengan bimbingan guru/pendidik.
7.      Menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi dan menyadari potensinya.
8.      Menunjukkan kemampuan memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
9.      Menunjukkan kemampuan mengenali gejala alam dan social di lingkungan sekitar
10.  Menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan
11.  Menunjukkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa, negara dan Tanah Air Indonesia.
12.  Menunjukkan kemampuan untuk melakukan kegiatan seni dan budaya local.
13.  Menunjukkan kebiasaan hidup bersih,dan menggunakan waktu luang
14.  Berkomunikasi secara jelas dan santun
15.  Bekerja sama dalam kelompok, tolong menolong dan menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman sebaya.
16.  Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis
17.  Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca menulis dan berhitung.

B.     Standar Kompetensi Kelompok Mata pelajaran (SK-KMP) Sekolah Dasar Negeri
            Standar Kompetensi kelompok Mata Pelajaran (SK.KMP) SD. Neg.10 Ela-Ela Kecamatan Ujung Bulu terdiri atas kelompok-kelompok mata pelajaran :
1.      Agama dan Ahlak mulia
2.      Kewarganegaraan dan kepribadian
3.      Ilmu pengetahuan dan teknologi
4.      Estetika
5.      Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
      Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK.KMP) dikembangkan berdasarkan tujuan dan cakupan muatan local dan / atau kegiatan setiap kelompok mata pelajaran yakni :
1.      Kelompok mata pelajaran Agama dan Ahlak Mulia bertujuan : membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berahlak mulia. Tujuan tersebut dicapai melalui muatan dan /atau kegiatan agama, kewarganegaraan, kepribadian, ilmu pengetahuan dan teknologi, estetika, jasmani, olah raga dan kesehatan.
2.      Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian bertujuan : Membentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Tujuan ini dicapai melalui muatan dan / atau kegiatan agama, ahlak mulia, kewarganegaraan, bahasa seni dan seni dan budaya dan pendidikan jasmani.
3.      Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi bertujuan pada satuan pendidikan SD, tujuan ini dicapai melalui mutan dan / atau kegiatan bahasa, matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, keterampilan/kejuruan, dan muatan lokal yang relevan.
4.      Kelompok mata pelajaran Estetika bertujuan ; Membentuk karakter peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa seni dan pemahaman budaya. Tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan berbahasa, seni dan budaya, keterampilan, dan muatan lokal yang relevan
5.      Kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga dan kesehatan bertujuan : Membentuk karakter peserta didik agar sehat jasmani dan rohani, dan menumbuhkan rasa sportivitas. Tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan pendidikan jasmani, olah raga, pendidikan kesehatan, ilmu pengetahuan alam, dan muatan lokal yang relevan. 
            Adapun Standar Kompetensi Kelompok Mata pelajaran (SK.KMP) untuk masing-masing satuan pendidikan selengkapnya adalah sebagai berikut :
1.      Agama dan Ahlak Mulia
a.       Menjalankan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak.
b.      Menunjukkan sikap jujur dan adil
c.       Mengenal keberagaman agama, budaya,suku,ras dan golongan sosial ekonomi dilingkungan sekitarnya
d.      Berkomunikasi secara santun yang mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai mahluk Tuhan
e.       Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang sesuai dengan tuntunan agamanya.
f.       Menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap sesama manusia dan lingkungan sebagai ciptaan Tuhan
2.      Kewarganegaraan dan kepribadian
a.       Menunjukkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa negara dan tanah air Indonesia.
b.      Mematuhi aturan-aturan social yang berlaku dalam lingkungannya.
c.       Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, golongan sosial ekonomi di lingkungan sekitarnya.
d.      Menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan
e.       Mengenal kekurangan dan kelebihan  diri sendiri.
f.       Menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi dan menyadari potensinya
g.      Berkomunikasi secara santun.
h.      Menunjukkan kegunaan  membaca.
i.        Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang.
j.        Bekerja sama dalam kelompok, tolong menolong, dan menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman sebaya.
k.      Menunjukkan kemampuan  diri melalui kegiatan seni dan budaya lokal.
3.      Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
a.       Mengenal dan menggunakan berbagai informasi tentang lingkungan sekitar secara logis, kritis dan kreatif.
b.      Menunjukkan kemampuan berfikir logis, kritis dan kreatif dengan bimbingan guru/pendidik.
c.       Menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi
d.      Menunjukkan kemampuan memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
e.       Menunjukkan kemampuan mengenali gejala alam sosial dilingkungan sekitar.
f.       Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis dan berhitung
g.      Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang
4.      Estetika
a.       Menunjukkan kemampuan untuk melakukan kegiatan seni dan budaya lokal
5.      Jasmani, Olah raga, dan kesehatan
a.       Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat bugar aman dan memanfaatkan waktu luang.
C.    Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran
1.      Sekolah Dasar Negeri No.10 Ela-Ela
a.       Pendidikan Agama Islam
1.      Menyebutkan, menghafal, membaca dan mengartikan surat-surat pendek dalam Al-Quran mulai surat Al-Fatihah sampaisurat Al-Alaq.
2.      Mengenal dan meyakini aspek-aspek rukun iman dari iman kepada Allah sampai iman kepada Qada dan Qadar
3.      Berperilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari serta menghindari perilaku tercela.
4.      Mengenal dan melaksanakan rukun islam mulai dari bersuci (thaharah) sampai zakat serta mengetahui tata cara pelaksanaan ibadah haji.
5.      Menceritakan kisah nabi-nabi serta mengambil teladan dari kisah tersebut dan menceritakan kisah tokoh orang-orang tercela dalam kehidupan sahari-hari

b.      Pendidikan Kewarganegaraan
1.      Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
2.      Memahami dan menerapkan hidup rukun dirumah dan disekolah
3.      Memahami kewajiban sebagai warga dalam keluarga dan sekolah
4.      Memahami hidup tertib dan gotong royong
5.      Menampilkan sikap cinta lingkungan dan demokratis
6.      Menampilkan perilaku jujur, disiplin, senang bekerja dan anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan nilai-nilai pancasila.
7.      Memahami sistem pemerintahan, baik pada tingkat daerah maupun pusat.
8.      Memahami makna keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia, dengan kepatuhan terhadap Undang-Undang, peraturan, kebiasaan, adat-istiadat
9.      Memahami dan menghargai makna nilai-nilai perjuangan bangsa
10.  Memahami hubungan Indonesia dengan negara tetangga dan politik luar negeri
c.       Bahasa Indonesia
1.      Mendengarkan
Memahami wacana lisan berbentuk perintah, penjelasan, petunjuk, pesan, pengumuman, berita, deskripsi berbagai peristiwa dan benda disekitar, serta karya sastra berbentuk dongeng, puisi, cerita, drama, pantun dan cerita rakyat
2.      Berbicara
Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam kegiatan perkenalan, tegur sapa, percakapan sederhana, wawancara, percakapan telepon, diskusi, pidato, deskripsi peristiwa dan benda disekitar, member petunjuk, deklamasi, cerita, pelaporan hasil pengamatan, pemahaman isi buku dan berbagai karya sastra untuk anak berbentuk dongeng, pantun, drama dan puisi.
3.      Membaca
Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami wacana berupa petunjuk, teks panjang, dan berbagai karya sastra untuk anak berbentuk puisi, dongeng, pantun, percakapan, cerita dan drama.
4.      Menulis
Melakukan berbagai jenis kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan informasi dalam bentuk karangan sederhana, petunjuk, surat, pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, anak berbentuk cerita, puisi dan pantun
d.      Matematika
1.      Memahami konsep bilangan bulat dan pecahan, operasi hitung dan sifat-sifatnya, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah  kehidupan sehari-hari.
2.      Memahami bangun datar dan bangun ruang sederhana, unsure-unsur dan sifat-sifatnya, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari.
3.      Memahami konsep ukuran dan pengukuran berat, panjang, luas, volume sudut, waktu, kecepatan, debit, serta mengaplikasikannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari.
4.      Memahami konsep koordinat untuk menentukan letak benda dan menggunakannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari.
5.      Memahami konsep pengumpulan data, penyajian data dengan table, gambar dan grafik (diagram), mengurutkan data, rentangan data, deretan hitung, modus serta menerapkannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari.
6.      Memiliki sikap menghargai matematika dan kegunaannya dalam kehidupan.
7.      Memiliki kemampuan berfikir logis, kritis dan kreatif.
e.       Ilmu Pengetahuan Alam
1.      Melakukan pengamatan terhadap gejala alam dan menceritakan hasil pengamatan secara lisan dan tertulis.
2.      Memahami penggolongan hewan dan tumbuhan, serta manfaat hewan dan tumbuhan bagi manusia, upaya pelestariannya, dan interaksi antara mahluk hidup dengan lingkungannya.
3.      Memahami bagian-bagian tubuh manusia, hewan dan tumbuhan, serta fungsinya dan perubahan-perubahan pada mahluk hidup.
4.      Memahami beragam sifat benda hubungannya dengan penyusunannya, perubahan wujud benda dan kegunaannya.
5.      Memahami berbagai bentuk energi, perubahan dan manfaatnya.
6.      Memahami matahari sebagai pusat tata surya, kenampakan dan perubahan permukaan bumi, dan hubungan peristiwa alam dengan kegiatan manusia.
f.       Ilmu Pengetahuan Sosial
1.      Memahami identitas diri dan keluarga, serta mewujudkan sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga.
2.      Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga serta kerja sama diantara keduanya.
3.      Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di Indonesia kabupaten/kota dan provinsi
4.      Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan keinginan teknologi dilingkungan kabupaten / kota provinsi
5.      Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah nasional, keragaman suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia.
6.      Menghargai peranan tokoh pejuang dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
7.      Memahami perkembangan wilayah Indonesia, keadaan sosial negara di Asia Tenggara serta benua-benua.
8.      Mengenal gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga, serta dapat melakukan tindakan dalam menghadapi bencana alam.
9.      Memahami peranan Indonesia di era global.
g.      Seni Budaya dan Keterampilan
o   Seni Rupa
1.      Mengapresiasikan dan mengekspresikan keartistikan karya seni rupa terapan melalui gambar ilustrasi dengan tema benda alam yang ada di daerah setempat.
2.      Mengapresiasi dan mengekspresikan keartistikan karya seni rupa murni melalui pembuatan relief dari bahan plastisin/tanah liat yang ada di daerah setempat.
3.      Mengapresiasi dan mengekspresikan keunikan karya seni rupa nusantara dengan motif hias melalui gambar dekoratif dan ilustrasi bertema hewan, manusia dan kehidupannya serta motif hias dengan teknik batik.
4.      Mengapresiasi dan membuat karya kerajinan dan benda permainan dengan teknik meronce dan macramé.
5.      Mengapresiasi dan membuat karya kerajinan anyaman dengan menggunakan berbagai bahan.
6.      Mengapresiasi dan membuat karya benda mainan beroda dengan menggunakan berbagai bahan.
h.      Pendidikan Jasmani, Olah raga dan Kesehatan
1.      Mempraktekkan gerak dasar lari, lompat dan jalan dalam permainan sederhana serta nilai-nilai dasar sportivitas seperti kejujuran, kerja sama dan lain-lain.
2.      Mempraktekkan gerak ritmik meliputi senam pagi, senam kesegaran jasmani (SKJ) dan aerobik.
3.      Mempraktekkan gerak ketangkasan seperti ketangkasan dengan tanpa alat, serta senam lantai.
4.      Mempraktekkan gerak dasar renang dalam berbagai gaya serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
5.      Mempraktekkan kebugaran dalam bentuk meningkatkan serta koordinasi otot.
6.      Mempraktekkan berbagai keterampilan gerak dalam kegiatan penjelajahan di luar sekolah seperti perkemahan, piknik dan lain-lain.
7.      Memahami budaya hidup sehat dalam bentuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan, mengenal makanan sehat, mengenal berbagai penyakit dan pencegahannya serta menghindari diri dari narkoba.
i.        Bahasa Inggris
1.      Mendengarkan
Memahami intruksi, informasi dan cerita sangat sederhana yang disampaikan secara lisan dalam konteks kelas, sekolah dan lingkungan sekitar.
2.      Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana interpersonal dalam transaksional sangat sederhana dalam bentuk instruksi dan informasi dalam konteks kelas, sekolah, dan lingkungan sekitar.
3.      Membaca
Membaca nyaring dan memahami makna dalam intruksi, informasi, teks fungsional pendek, dan deskriftif bergambar sangat sederhana yang disampaikan secara tertulis dalam konteks kelas, sekolah, dan lingkungan sekitar.
4.      Menulis
Menuliskan kata, ungkapan dan teks fungsional pendek sangat sederhana dengan ejaan dan tanda baca yang tepat.   




























BAB V
PENUTUP
Dengan tersusunya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SD Negeri 10 Ela - Ela ini diharapkan guru mempunyai kemampuan yang besar dalam memberdayakan alat-alat yang sesuai pembelajaran baik didalam maupaun di luar kelas. Tidak ada alasan bagi guru untuk tidak melaksanakan KTSP SD Negeri 10 Ela - Ela yang telah dibuat secara bersama melalui rapat kerja tahunan.
Kurikulum ini tidak hanya sebagai pelengkap hiasan lemari sekolah tetapi lebih dari itu harus dijadikan sebagai :
Ø  Pedoman dan Petunjuk pelaksanaan dalam kegiatan pembelajaran,menyusun silabus,menyusun program, menyusun RPP dan menetapkan KKM.
Ø  Pegangan  guru  SD Negeri 10 Ela - Ela dalam peningkatan mutu lulusan.
Ø  Bagi guru, Pedoman dan petunjuk dalam menjelaskan konsep-konsep dan subkonsep mata pelajaran.
Ø  Bagi siswa : Pedoman dan petunjuk agar dapat memperoleh keterampilan untuk mengamati, mencoba dan menggunakan seluruh indranya dalam proses pembelajaran
Ø  Membekali siswa dengan berbagai kemampuan dan ilmu pengetahuan.

Kami menyadari dalam penyusunan KTSP SD Negeri 10 Ela – Ela- ini masih jauh dari kesempurnaan  untuk itu saran perbaikan dan keritikan yang membangun demi kesempurnaan KTSP ini pada masa mendatang sebelumnya kami haturkan banyak terima kasih, teriring doa jazakumullah khairan.








                          DAFTAR PUSTAKA

            Depdiknas ( 2006 ). Administrasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan , Jakarta :
           Direktorat  Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan ,  Direktorat Tenaga Kependidikan.
            Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, ( 2006 ) Sosialisasi Permen Diknas No. 22, 23,
          24,  Tahun 2006 Tentang Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan .
            Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, ( 2006 ) Sosialisasi Permen Diknas No. 22,
23, 24,  Tahun 2006 Puskur Balitbang.
            BNSP, ( 2006 ) Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jakarta .
Puskur Balitbang.
            Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005, standar Pendidikan Nasional , Jakarta :
Puskur Balitbang.
            Undang – Undang No. 20 Tahun 2003, Pengertian Kurikulum Jakarta, Puskur Balitbang.





Komentar

Postingan populer dari blog ini