Contoh Kurikulum Tingkat Sautan Pendidikan
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Rasional
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan
pengaturan mengenai tujuan, isi dan
bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan
kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan ini
meliputi tujuan Pendidikan Nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi
dan potensi satuan pendidikan.
Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP) yang beragam mengacu pada Standar Nasional Pendidikan untuk
menjamin tujuan pendidikan nasional. Dua dari Standar Nasional Pendidikan
tersebut yaitu Standar Isi (SI) yang ditetapkan dengan Kep. Mendiknas No.22
tahun 2006 dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang telah ditetapkan dengan
Kepmendiknas No.23 Tahun 2006 merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan
dalam mengembangkan kurikulum.
Pengembangan kurikulum disusun antara
lain agar dapat memberi kesempatan peserta didik untuk: (a) belajar untuk
beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa. (b) Belajar untuk memahami dan
menghayati, (c) belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif,
(d) belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain, dan (e) belajar
untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif,
kreatif, efektif dan menyenangkan.
Penyusunan KTSP sangat diperlukan untuk
mengakomodasi semua potensi yang ada didaerah dan untuk meningkatkan kualitas
satuan pendidikan dalam bidang akademis maupun non akademis, memelihara budaya
daerah, mengikuti perkembangan IPTEK yang dilandasi Imam dan Taqwa.
Kewenangan sekolah dalam menyusun
kurikulum memungkinkan sekolah menyesuaikan dengan tuntutan kebutuhan siswa,
keadaan sekolah memiliki kewenangan untuk merancang dan menentukan hal-hal yang
akan diajarkan, pengelolaan pengalaman belajar, cara mengajar dan menilai
keberhasilan belajar mengajar.
B. Tujuan
Tujuan Kurikulum adalah untuk
mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi
dan warga Negara yang beriman , produktif , inofatif , dan efektif serta mampu
berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat , berbangsa , bernegara, dan
peradaban dunia.
C. Pengertian
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan
pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan
sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan
pendidikan tertentu.
Kurikulum KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan
dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan.
Silabus adalah rencana pembelajaran pada
suatu kelompok mata pelajaran tertentu yang mencakup standar kompetensi,
kompetensi dasar, materi pokok / pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator
pencapaian kompetensi untuk penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar.
BAB
II
VISI,
MISI DAN TUJUAN SEKOLAH
A. Visi
Adapun visi SD Negeri 10 Ela-Ela Kecamatan Ujungbulu Kabupaten Bulukumba yang ingin
dicapai adalah:
“Menghasilkan
Siswa Yang Unggul Dalam Iptek, Terampil Dan Berakhlak Mulia Serta Berwawasan Lingkungan”.
B.
Misi
1.
Menanamkan sikap disiplin yang kuat.
2.
Menanamkan dasar-dasar perilaku berbudi
pekerti berakhlak mulia.
3.
Menekankan pada kemahiran membaca,
menulis, dan berhitung.
4.
Menciptakan proses belajar mengajar
Pakem dan berkualitas.
5.
Mengefektifkan kegiatan keagamaan guna
mewujudkan manusia yang yang beriman dan bertaqwa.
6.
Melakukan upaya pelestarian
fungsi lingkungan dan mencegah terjadinya
pencemaran serta kerusakan
lingkungan
C.
TUJUAN
1. Terjalinnya
potensi siswa secara optimal melalui proses Pakem yang tepat dan berkualitas.
2. Tumbuhnya
sikap disiplin dalam diri siswa melalui tata tertib sekolah yang baik serta
pengelolaan sekolah yang kondusif.
3. Terbentuknya
akhlak yang terpuji pada segala tindakan nyata siswa, berdasarkan agama, bangsa
dan negara melalui penghayatan yang mendalam tentang lingkungan sekitar baik lingkungan
sekolah, lingkungan
masyarakat maupun lingkungan keluarganya.
4. Terwujudnya
sikap belajar yang tangguh dalam diri siswa dalam mencapai cita-cita menjadi
insan yang berbudi luhur, cerdas, terampil, beriman dan bertaqwa, dan
berwawasan lingkungan
BAB III
KERANGKA
DASAR DAN KOMPONEN KURIKULUM
TINGKAT
SATUAN PENDIDIKAN SDN. 10 ELA - ELA
A.
Kerangka
Dasar Kurikulum SD Negeri No.10 Ela-Ela Kec. Ujungbulu
1. Kelompok Mata Pelajaran
Peraturan Pemerintah, Nomor 19 Tahun
2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal
6
ayat (1) menyatakan bahwa kurikulum untuk jenis pendidikan umum, kejuruan dan
khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas :
a. Kelompok
mata pelajaran Pendidikan Agama dan Akhlak Mulia
b.
Kelompok mata pelajaran Kewarganegaraan dan
Kepribadian
c.
Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan
dan teknologi
d.
Kelompok mata pelajaran estetika
e. Kelompok
mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.
Cakupan setiap kelompok mata pelajaran
disajikan pada tabel .1
Tabel 1 : Cakupan kelompok mata pelajaran
No
|
Kelompok
Mata Pelajaran
|
Cakupan
|
1.
|
Agama
dan Ahlak Mulia
|
Kelompok Mata Pelajaran dan ahlak mulia dimaksudkan
untuk membentuk peserta didik. Menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa
kepada Tuhan yang Maha Esa serta berahlak mulia. Ahlak mulia mencakup etika,
budi pekerti atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.
|
2.
|
Kewarganegaraan
dan Kepribadian
|
Kelompok
mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian di masukan untuk peningkatan
kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak dan kewajibannya dalam
kehidupan bermasyarakat berbangsa, wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme
bela Negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa,
pelestarian lingkungan
hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab social ketaatan pada
hukum, ketaatan membayar pajak dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi
dan nepotisme.
|
3.
|
Ilmu
Pengetahuan dan teknologi
|
Kelompok
mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SD Negeri No.10 Ela-Ela
Kecamatan Ujung Bulu dimaksudkan untuk mengenal, menyikapi dan mengapresiasi
ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menanamkan kebiasaan berfikir dan
berperilaku ilmiah yang kritis, kreatif dan mandiri
|
4.
|
Estetika
|
Kelompok
mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas,
kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni.
Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup
apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu
menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan
sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis.
|
5.
|
Jasmani,
Olahraga dan kesehatan
|
Kelompok
mata pelajaran jasmani, Olahraga dan kesehatan pada SD Negeri 10 Ela-Ela,
meningkatkan potensi fisik serta menanamkan sportivitas dan kesadaran hidup
sehat.
Budaya
hidup sehat termasuk kesadaran, sikap dan perilaku hidup sehat yang bersifat individual
ataupun yang bersifat kolektif kemasyarakatan seperti keterbatasan dari
perilaku seksual bebas, kecanduan narkoba, dan penyakit lain yang potensial
untuk mewabah.
|
2. Prinsip Pengembangan Kurikulum SD
Negeri 10 Ela-Ela.
1.
Kurikulum tingkat satuan pendidikan
jenjang pendidikan dasar dan menengah dikembangkan oleh sekolah dan komite
sekolah berpedoman pada standar kompetensi lulusan dan standar isi serta
panduan penyusunan kurikulum yang dibuat oleh BSNP. Kurikulum dikembangkan
berdasarkan prinsip-prinsip berikut :
a. Berpusat
pada potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
Kurikulum
dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral
untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan
bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung
jawab untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut pengembangan kompetensi
peserta didik disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan dan
kepentingan peserta didik serta tuntutan lingkungan.
b. Beragam
dan terpadu
Kurikulum
dikembangkan dengan memperhatikan keragaman karateristik peserta didik, kondisi
daerah, dan jenjang serta jenis pendidikan tanpa membedakan agama, suku, budaya
dan adat istiadat serta status social ekonomi dan gender. Kurikulum meliputi
substansi komponen muatan wajib kurikulum, muatan lokal, pengembangan diri
secara terpadu, serta disusun dalam keterkaitan dan kesinambungan yang bermakna
dan tepat antar substansi.
c. Tanggap
terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
Kurikulum
dikembangkan atas dasar kesadaran bahwa ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
berkembangan secara dinamis dan oleh karena itu, semangat dan isi kurikulum
mendorong peserta didik untuk mengikuti dan memanfaatkan secara tepat
perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
d. Relevan
dengan kebutuhan kehidupan
Pengembangan
kurikulum dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan (stekholder) untuk
menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk didalamnya
kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha dan dunia kerja. Oleh karena itu,
pengembangan keterampilan pribadi, keterampilan berfikir, keterampilan sosial,
keterampilan akademik, dan keterampilan vokasional merupakan keniscayaan.
e.
Menyeluruh dan berkesinambungan Substansi
kurikulum mencakup keseluruhan dimensi kompetensi, bidang kajian keilmuan dan
mata pelajaran yang direncanakan dan disajikan secara berkesinambungan antar
semua jenjang pendidikan.
f.
Belajar sepanjang hayat
Kurikulum diarahkan kepada proses
pengembangan, pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung
sepanjang hayat, kurikulum mencerminkan keterkaitan antara unsur-unsur
pendidikan formal, non formal dan informal, dengan memperhatikan kondisi dan tuntutan
lingkungan yang
selalu berkembang serta arah pengembangan manusia seutuhnya.
2.
Seimbang antara kepentingan nasional dan
kepentingan daerah kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan kepentingan
nasional dan kepentingan daerah untuk membangun kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara. Kepentingan nasional dan kepentingan daerah harus
saling mengisi dan memberdayakan de Motto Bhineka Tunggal Ika dalam kerangka
Negara Kesatuan Republik Indonesia.
3. Prinsip
Pelaksanaan Kurikulum SD Negeri No.10 Ela - Ela
Dalam
pelaksanaan kurikulum disetiap satuan pendidikan menggunakan prinsi-prinsip
sebagai berikut :
a. Pelaksanaan
kurikulum didasarkan pada potensi, perkembangan dan kondisi peserta didik harus
mendapatkan pelayanan pendidikan yang bermutu, serta memperoleh kesempatan
untuk mengekspresikan dirinya secara bebas, dinamis dan menyenangkan.
b.
Kurikulum dilaksanakan dengan menegakkan
kelima pilar belajar yaitu :
(a)
Belajar untuk beriman dan bertaqwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa,
(b)
Belajar untuk memahami dan menghayati
(c)
Belajar untuk mampu melaksanakan dan
berbuat secara efektif
(d)
Belajar untuk hidup bersama dan berguna
bagi orang lain, dan
(e)
Belajar untuk membangun dan menemukan
jati diri, melalui proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan
menyenangkan.
c.
Pelaksanaan kurikulum memungkinkan
peserta didik mendapat pelayanan yang bersifat perbaikan, pengayaan, dan atau
percepatan sesuai dengan potensi, tahap perkembangan, dan kondisi peserta didik
dengan tetap memperhatikan keterpaduan pengembangan pribadi peserta didik yang
berdimensi ke Tuhanan, keindividuan, kesosialan dan moral.
d.
Kurikulum dilaksanakan dalam suasana
hubungan peserta didik dan pendidik yang
saling menerima dan menghargai, akrab, terbuka dan hangat, dengan prinsip Tut
Wuri Handayani, Ing Madya
Mangun Karsa, Ing Ngarso Sung Tulada ( dibelakang
memberikan daya dan kekuatan, ditengah membangun semangat dan prakarsa, didepan
memberikan contoh dan teladan)
e.
Kurikulum dilaksanakan dengan
menggunakan pendekatan multi strategi dan multi media, sumber belajar dan
teknologi yang memadai, dan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar,
dengan prinsip memberikan wawasan berfikir. Semua yang terjadi tergelar dan
berkembang dimasyarakatkan dan lingkungan sekitar serta lingkungan alam semesta dijadikan
sumber belajar, contoh dan teladan.
f.
Kurikulum dilaksanakan dengan
mendayagunakan kondisi alam, Sosial dan budaya seni serta kekayaan daerah untuk
keberhasilan pendidikan dengan muatan seluruh bahan kajian secara optimal.
g.
Kurikulum yang mencakup seluruh komponen
kompetensi mata pelajaran, muatan local dan pengembangan diri diselenggarakan
dalam kesinambungan keterkaitan dan kesinambungan yang cocok dan memadai antar
kelas dan jenjang pendidikan.
B.
Struktur
Kurikulum Pendidikan SD Negeri No. 10 Ela-Ela
Struktur
kurikulum SD Negeri No.10 Ela-Ela Kecamatan Ujungbulu merupakan pola dan
susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan
pembelajaran, kedalaman muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran pada setiap
satuan pendidikan dituangkan dalam komponen yang harus dikuasai peserta didik
dengan belajar yang tercantum dalam struktur kurikulum. Kompetensi yang
dimaksud terdiri atas standar kompetensi lulusan, muatan local dan kegiatan
pengembangan diri merupakan bagian integral dari struktur kurikulum pada
jenjang pendidikan dasar dan menengah.
1. Struktur
Kurikulum SD Negeri No.10 Ela-Ela Kecamatan Ujungbulu
Struktur Kurikulum SD Negeri No.10 Ela-Ela
Kecamatan Ujung Bulu meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu
jenjang pendidikan selama enam tahun mulai kelas I sampai kelas VI. Struktur
kurikulum SD Negeri No.10 Ela-Ela Kecamatan Ujungbulu disusun berstandarkan
standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran dengan
ketentuan sebagai berikut :
a.
Kurikulum SD Negeri No.10 Ela-Ela
Kecamatan Ujungbulu memuat 8 Mata pelajaran, muatan lokal merupakan kegiatan
ekstrakurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri
khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat
dikelompokkan kedalam mata pelajaran yang ada. Substansi muatan lokal
ditentukan oleh satuan pendidikan.
Pengembangan
diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru. Pengembangan
diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk
mengembangkan dan, mengekspresikan diri
sesuai dengan kebutuhan, bakat dan minat setiap peserta didik sesuai dengan
kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing
oleh konselor guru atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk
kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan
pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial,
belajar dan pengembangan karir peserta didik.
b.
Substansi mata pelajaran IPA dan IPS
pada SD Negeri No.10 Ela-Ela Kecamatan Ujung Bulu merupakan “IPA Terpadu” dan
“IPS Terpadu”
c.
Pembelajaran pada kelas I s/d III dilaksanakan melalui pendekatan Tematik terpadu
sedangkan Kelas IV s/d VI dilaksanakan melalui pendekatan mata pelajaran.
d.
Jam pelajaran untuk setiap mata
pelajaran dialokasikan sebagaimana
tertera dalam Struktur Kurikulum
e.
Alokasi waktu satu jam pembelajaran
adalah 35 menit
f.
Minggu Efektif dalam satu tahun
pelajaran (dua semester) adalah 34-38 Minggu.
A.
Struktur Kurikulum SD Negeri No.10 Ela-Ela Kecamatan Ujung Bulu
Tabel .2 Struktur Kurikulum
KOMPONEN
|
KELAS
DAN ALOKASI WAKTU
|
JUMLAH
|
|||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
||
A. Mata
Pelajaran
|
Pendekatan
Tematik
|
||||||
1.
Pendidikan Agama
|
4
|
4
|
4
|
12
|
|||
2.
Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
6
|
|||
3.
Bahasa Indonesia
|
6
|
6
|
6
|
18
|
|||
4.
Matematika
|
6
|
6
|
6
|
18
|
|||
5.
Ilmu Pengetahuan Alam
|
5
|
5
|
5
|
15
|
|||
6.
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
3
|
3
|
3
|
9
|
|||
7.
Seni Budaya dan Keterampilan
|
4
|
4
|
4
|
12
|
|||
8. Pendidikan Jasmani, Olahraga
dan kesehatan
|
4
|
4
|
4
|
12
|
|||
B. Muatan
Lokal
1.
Bahasa Daerah
|
2
|
2
|
2
|
6
|
|||
C. Pengembangan
Diri / Ekstrakurikuler
BTA
Olahraga dan Seni
Pramuka
PLH
|
2
*
*
*
|
2
*
*
*
|
2
*
*
*
|
6
*
*
*
|
|||
32
|
34
|
36
|
38
|
38
|
38
|
C.
Muatan
Kurikulum
1. Mata Pelajaran
a. Pendidikan Agama
Tujuan :
-
Memberikan wawasan terhadap ajaran Islam
-
Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan
siswa sesuai tuntutan Al-Quran dan Sunnah
b. Pendidikan
Kewarganegaraan
Tujuan :
-
Memberikan pemahaman terhadap siswa
tentang kesadaran hidup, berbangsa dan bernegara dan pentingnya penanaman ras
persatuan dan kesatuan.
c. Bahasa Indonesia
Tujuan :
-
Membina keterampilan berbahasa secara
lisan dan tertulis serta dapat menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi dan
sarana pemahaman terhadap IPTEK.
d. Matematika
Tujuan :
-
Memberikan pemahaman logika dan
kemampuan dasar matematika dalam rangka penguasaan IPTEK
e. Ilmu
Pengetahuan Alam
Tujuan :
-
Memberikan pengetahuan dan keterampilan
kepada siswa untuk menguasai
dasar-dasar sains dalam rangka
penguasaan IPTEK
f. Ilmu
Pengetahuan Sosial
Tujuan :
-
Memberikan pengetahuan sosial kultural
masyarakat yang majemuk, mengembangkan kesadaran hidup bermasyarakat serta
memiliki keterampilan hidup secara mandiri.
g. Seni
Budaya dan Keterampilan
Tujuan :
-
Mengembangkan Apresiasi seni, daya
kreasi, dan kecintaan pada seni budaya nasional
h. Pendidikan
jasmani, olahraga dan kesehatan
Tujuan :
-
Menanamkan kebiasaan hidup sehat,
meningkatkan kebugaran dan keterampilan dalam bidang olahraga, menanamkan rasa
sportifitas, tanggung jawab, disiplin dan percaya diri pada siswa.
2. Muatan
Lokal
a.
Bahasa Daerah (Bahasa Bugis)
Tujuan :
-
Mengembangkan kemampuan dan keterampilan
berkomunikasi siswa dengan menggunakan bahasa darahnya
-
Meningkatkan kepekaan dan penghayatan
terhadap karya sastra daerahnya.
-
Memupuk tanggung jawab untuk
melestarikan hasil kreasi budaya daerah sebagai salah satu unsur kebudayaan
nasional.
3. Pengembangan
Diri / Ekstrakurikuler
Kegiatan
pengembangan diri berdasarkan kondisi objektif sekolah maka kegiatan pengembangan
diri dipilih dan ditetapkan adalah :
a.
Keagamaan ( BTA )
1.
Ceramah agama
2.
Tajwid
3.
Menghafal surah – surah pendek dan
doa-doa
b.
Olahraga dan Seni
c.
Pramuka
d. Pendidikan
Lingkungan
Hidup ( PLH )
4.
Beban Belajar
Satuan
pendidikan dapat menyelenggarakan program pendidikan dengan menggunakan sistem
paket ataupun sistem kredit semester. Berdasarkan dengan jenjang dan kategori
satuan pendidikan, maka SDN No.10 Ela-Ela Kecamatan Ujungbulu melaksanakan
program pendidikan dengan paket.
Sistem paket adalah sistem penyelenggaraan
program pendidikan yang peserta didiknya diwajibkan mengikuti seluruh program
pembelajaran dan beban belajar yang sudah ditetapkan untuk setiap kelas sesuai
dengan struktur kurikulum yang telah ditetapkan beban belajar untuk setiap mata
pelajaran pada sistem paket ini dinyatakan dalam jam pembelajaran
Beban belajar dirumuskan dalam
bentuk satuan waktu yang dibutuhkan oleh peserta didik untuk mengikuti program
pembelajaran, melalui sistem tatap muka, penugasan berstruktur, dan kegiatan
mandiri yang tidak berstruktur. Hal ini dimaksudkan untuk mencapai standar
kompetensi lulusan dengan memperhatikan tingkat perkembangan peserta didik.
Kegiatan tatap muka adalah kegiatan
pembelajaran yang berupa proses interaktif antara peserta didik dengan pendidik.
Beban belajar adalah kegiatan tatap muka perjam pembelajaran pada masing-masing
satuan pendidikan.
Untuk Sekolah Dasar beban belajar
berlangsung selama 35 menit perjam tatap muka untuk setiap pembelajaran.
Beban belajar kegiatan tatap muka
perminggu pada satuan pendidikan SDN N0.10 Ela-Ela Kecamatan Ujung Bulu sebagai
berikut :
1. Kelas
I s/d III adalah 32 s/d 36 jam pembelajaran
2. Kelas
IV s/d VI adalah 38 jam Pembelajaran
Beban Belajar Kegiatan Tatap Muka
Keseluruhan untuk satuan Pendidikan SDN No.10 Ela-Ela Kecamatan Ujung Bulu seperti pada
Tabel dibawah ini :
Satuan
Pendidikan
|
Kelas
|
Satu
Jam Pembelajaran Tatap muka
|
Jumlah
Jam Pembelajaran Perminggu
|
Minggu
Efektif Pertahun Pelajaran
|
Waktu
Pembelajaran
Pertahun
|
Jumlah
Jam Pertahun @ 60 Menit
|
SDN
No.10 Ela-Ela
|
1
s/d III
|
35
|
Kelas
:
I
= 32
II
= 34
III
= 36
|
38
|
Kelas
:
I.35
x 32 x 38 = 42.560 Menit
II.
35 x 34 x 38 = 45.220 Menit
III.
35 x 36 x 38 = 47.880 Menit
|
Kelas
:
I. 709
Jam
II. 754
JAM
III. 798 JAM
|
5. Ketuntasan Belajar
Ketuntasan belajar setiap indikator
yang telah ditetapkan dalam satuan kompetensi dasar berkisar antara 0 – 100%.
Dengan mempertimbangkan antara kompleksitas, daya dukung dan siswa, maka
standar ketuntasan belajar SDN No.10 Ela-Ela ditetapkan sebagai berikut :
No
|
KOMPONEN
|
STANDAR
KETUNTASAN
BELAJAR KLS. I s/d VI
|
A.
B.
C.
|
Mata
Pelajaran
1.
Pendidikan Agama
2.
Pendidikan Kewarganegaraan
3.
Bahasa Indonesia
4.
Matematika
5.
Ilmu Pengetahuan Alam
6.
Ilmu Pengetahuan Sosial
7.
Seni Budaya dan Keterampilan
8. Pendidikan Jasmani, Olahraga
dan kesehatan
Muatan
Lokal
1. Bahasa
Daerah
Pengembangan Diri/ Ekstrakurikuler
1.
Baca Tulis Al Quran ( BTA )
2.
Olahraga dan Seni
3.
Pramuka
4.
Pendidikan Lingkungan
Hidup
( PLH )
1.
2.
3.
4.
|
76
%
76
%
76
%
76
%
76
%
76
%
75
%
75
%
70
%
|
Pencapaian standar ketuntasan belajar
yang telah ditetapkan pada satuan pendidikan SDN No.10 Ela-Ela Kecamatan Ujungbulu
menjadi faktor utama dalam:
6. Kurikulum Kelas dan Kelulusan
1. Kenaikan
Kelas
Kenaikan kelas
dilaksanakan pada setiap akhir tahun pelajaran. Kriteria kenaikan kelas diatur
oleh masing-masing direktoral teknis yang terkait.
a.
Kriteria kenaikan kelas
1.
Nilai Rapor diambil dari nilai
pengamatan, nilai tugas / PR, nilai MID semester, dan nilai akhir semester
dijumlahkan untuk mencari nilai rata-rata setiap siswa dalam satu mata
pelajaran yang sesuai dengan standar ketuntasan belajar (SKB) di SDN 10
Ela-Ela.
2.
Tidak memperoleh angka merah untuk mata
pelajaran Pendidikan Agama, PKn dan Bahasa Indonesia
3.
Kerajinan dan kelakuan mendapat nilai
baik.
4.
Memiliki rapor di kelasnya masing-masing.
b.
Penentuan Kenaikan kelas
1.
Penentuan siswa yang naik kelas
dilakukan oleh sekolah dalam suatu rapat Dewan Guru dengan mempertimbangkan
SKB, Sikap / Penilaian / Budi pekerti dan kehadiran siswa yang bersangkutan.
2.
Siswa yang dinyatakan naik kelas, harus
dituliskan dalam rapor
3.
Siswa yang tidak naik kelas harus
mengulang dikelasnya.
2.
Kelulusan
Sesuai dengan PP 19/2005 pasal 72 ayat (1), peserta didik
dinyatakan lulus dari satuan pendidikan pada pendidikan dasar dan menengah
setelah :
a.
Menyelesaikan seluruh program
pembelajaran
b.
Memperoleh niai minimal sama dengan KKM
kelas, baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran, kelompok mata
pelajaran agama dan ahlak mulia, kelompok kewarganegaraan dan kepribadian,
kelompok mata pelajaran estetika dan kelompok mata pelajaran jasmani olah raga
dan kesehatan
c.
Lulus ujian sekolah/madrasah untuk
kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi.
d.
Lulus ujian nasional.
3.
Penentuan Kelulusan
a.
Kriteria Kelulusan
Hasil ujian dituangkan ke dalam blangko daftar
nilai ujian. Hasil ujian dimanfaatkan sebagai bahan pertimbangan dengan
kriteria sebagai berikut :
1.
Memiliki rapor Kelas VI
2.
Telah mengikuti ujian sekolah dan
memiliki nilai untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan, minimal nilai
masing-masing mata pelajaran 6.00
b.
Penentuan Kelulusan
1.
Penentuan siswa yang lulus dilakukan
oleh sekolah dalam suatu rapat dewan guru dengan mempertimbangkan nilai rapor,
nilai ujian sekolah, sikap/perilaku/budi pekerti siswa yang bersangkutan dan
memenuhi kriteria kelulusan.
2.
Siswa yang dinyatakan lulus di beri
Ijazah, dan rapor sampai dengan semester 2 kelas VI Sekolah Dasar.
3. Siswa
yang tidak lulus, tidak memperoleh ijazah dan mengulang di kelas terakhir
(kelas VI)
7.
Pendidikan Kecakapan Hidup
a. Kurikulum
untuk SD Negeri No.10 Ela - Ela Kecamatan ujung bulu memasukkan pendidikan
kecakapan hidup, yang mencakup kecakapan pribadi, kecakapan social, kecakapan
akademik dan / atau kecakapan vokasional.
b.
Pendidikan kecakapan hidup merupakan
bagian integral dari pendidikan semua mata pelajaran dan /atau berupa
paket/modul yang direncanakan secara khusus.
c. Pendidikan
kecakapan hidup dapat diperoleh peserta didik dari satuan pendidikan yang
bersangkutan dan /atau dari satuan pendidikan formal lain.
8. Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan
Global.
a. Pendidikan
berbasis keunggulan lokal dan global adalah pendidikan yang memanfaatkan
keunggulan local dan kebutuhan daya saing global dalam aspek ekonomi, budaya,
bahasa, teknologi informasi dan komunikasi, ekologi dan lain-lain, yang
semuanya bermanfaat bagi pengembangan kompetensi peserta didik.
b.
Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan
global merupakan bagian dari semua mata pelajaran dan juga dapat menjadi mata
pelajaran muatan lokal.
c.
Pendidikan berbasis keunggulan local
dapat diperoleh peserta didik dari satuan pendidikan formal lain dan / atau
satuan pendidikan non formal.
D. KALENDER PENDIDIKAN
Kurikulum
satuan pendidikan SD Negeri 10 Ela - Ela diselenggarakan dengan mengikuti
kalender pendidikan pada setiap tahun ajaran. Kalender pendidikan adalah
pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun
ajaran yang mencangkup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu
pembelajaran efektif dan hari libur
A. Alokasi Waktu
Permulaan
tahun pelajaran adalah waktu dimulainya kegiatan pembelajaran pada awal tahun
pelajaran pada setiap satuan pendidikan.
Minggu
efektif belajar adalah jumlah minggu
kegiatan pembelajaran untuk setiap tahun pelajaran pada setiap satuan
pendidikan.
Waktu
pembelajaran efektif adalah jumlah jam pembelajaran setiap minggu, meliputi
jumlah jam pembelajaran untuk seluruh mata pelajaran termasuk muatan lokal,
ditambah jumlah jam untuk kegiatan pengembangan diri.
Waktu
libur adalah waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakan kegiatan pembelajaran
terjadwal pada satuan pendidikan yang dimaksud. Waktu libur dapat berbentuk
jeda tengah semester, jeda antar semester, libur akhir tahun pelajaran,hari
libur keagamaan, hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional, dan hari
libur khusus.
B.
KALENDER KEGIATAN SD.NEGERI 10 ELA - ELA
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
JULI 2015
|
JML. HBE
|
TGL
|
URAIAN KEGIATAN
|
|||||
Minggu
|
5
|
12
|
19
|
26
|
||||
Senin
|
6
|
13
|
20
|
27
|
27
|
Hari pertama masuk sekolah
|
||
Selasa
|
7
|
14
|
21
|
28
|
1
|
28-29
|
MOS (Masa Orientasi Siswa)
|
|
Rabu
|
1
|
8
|
15
|
22
|
29
|
1
|
||
Kamis
|
2
|
9
|
16
|
23
|
30
|
1
|
||
Jumat
|
3
|
10
|
17
|
24
|
31
|
1
|
||
Sabtu
|
4
|
11
|
18
|
25
|
1
|
|||
JUMLAH
|
5
|
1 Minggu Efektif
|
AGUSTUS 2015
|
JML. HBE
|
TGL
|
URAIAN KEGIATAN
|
||||||
Minggu
|
2
|
9
|
16
|
23
|
30
|
||||
Senin
|
3
|
10
|
17
|
24
|
31
|
4
|
17
|
Hari Proklamasi Kemerdekaan RI
|
|
Selasa
|
4
|
11
|
18
|
25
|
4
|
||||
Rabu
|
5
|
12
|
19
|
26
|
4
|
||||
Kamis
|
6
|
13
|
20
|
27
|
4
|
||||
Jumat
|
7
|
14
|
21
|
28
|
4
|
||||
Sabtu
|
8
|
15
|
22
|
29
|
5
|
||||
JUMLAH
|
25
|
6 Minggu Efektif
|
SEPTEMBER 2015
|
JML. HBE
|
TGL
|
URAIAN KEGIATAN
|
|||||
Minggu
|
6
|
13
|
20
|
27
|
||||
Senin
|
7
|
14
|
21
|
28
|
4
|
|||
Selasa
|
1
|
8
|
15
|
22
|
29
|
5
|
||
Rabu
|
2
|
9
|
16
|
23
|
30
|
5
|
||
Kamis
|
3
|
10
|
17
|
24
|
3
|
24
|
Libur Hari
Raya idul Adha
|
|
Jumat
|
4
|
11
|
18
|
25
|
4
|
|||
Sabtu
|
5
|
12
|
19
|
26
|
4
|
|||
JUMLAH
|
25
|
6 Minggu Efektif
|
OKTOBER 2015
|
JML HBE
|
TGL
|
URAIAN KEGIATAN
|
|||||
Minggu
|
4
|
11
|
18
|
25
|
||||
Senin
|
5
|
12
|
19
|
26
|
4
|
5-10
|
UTS
|
|
Selasa
|
6
|
13
|
20
|
27
|
4
|
|||
Rabu
|
7
|
14
|
21
|
28
|
3
|
14
|
Tahun Baru ISLAM
|
|
Kamis
|
1
|
8
|
15
|
22
|
29
|
5
|
||
Jumat
|
2
|
9
|
16
|
23
|
30
|
5
|
||
Sabtu
|
3
|
10
|
17
|
24
|
31
|
5
|
||
JUMLAH
|
26
|
6 Minggu Efektif
|
NOVEMBER 2015
|
JML HBE
|
TGL
|
URAIAN KEGIATAN
|
||||||
Minggu
|
1
|
8
|
15
|
22
|
29
|
||||
Senin
|
-
|
2
|
9
|
16
|
23
|
30
|
5
|
||
Selasa
|
-
|
3
|
10
|
17
|
24
|
4
|
|||
Rabu
|
-
|
4
|
11
|
18
|
25
|
4
|
|||
Kamis
|
-
|
5
|
12
|
19
|
26
|
4
|
|||
Jumat
|
-
|
6
|
13
|
20
|
27
|
4
|
|||
Sabtu
|
-
|
7
|
14
|
21
|
28
|
5
|
|||
JUMLAH
|
25
|
6 Minggu Efektif
|
DESEMBER 2015
|
JML HBE
|
TGL
|
URAIAN KEGIATAN
|
|||||
Minggu
|
6
|
13
|
20
|
27
|
||||
Senin
|
7
|
14
|
21
|
28
|
3
|
7-12
|
Ujian Semester ganjil
|
|
Selasa
|
1
|
8
|
15
|
22
|
29
|
4
|
14-23
|
Pengelolaan Nilai
|
Rabu
|
2
|
9
|
16
|
23
|
30
|
4
|
26
|
Pembagian Rapor
|
Kamis
|
3
|
10
|
17
|
24
|
31
|
3
|
28-31
|
Libur Semester I
|
Jumat
|
4
|
11
|
18
|
25
|
3
|
|||
Sabtu
|
5
|
12
|
19
|
26
|
3
|
|||
JUMLAH
|
20
|
6 Minggu Efektif
|
JANUARI 2016
|
JML HBE
|
TGL
|
URAIAN KEGIATAN
|
||||||
Minggu
|
3
|
10
|
17
|
24
|
31
|
||||
Senin
|
4
|
11
|
18
|
25
|
4
|
1
|
Tahun Baru Masehi
|
||
Selasa
|
5
|
12
|
19
|
26
|
4
|
2
|
Libur Semester Ganjil
|
||
Rabu
|
6
|
13
|
20
|
27
|
4
|
4
|
Hari pertama Masuk Sekolah
|
||
Kamis
|
7
|
14
|
21
|
28
|
4
|
||||
Jumat
|
1
|
8
|
15
|
22
|
29
|
4
|
|||
Sabtu
|
2
|
9
|
16
|
23
|
30
|
4
|
|||
JUMLAH
|
24
|
6 Minggu Efektif
|
FEBRUARI 2016
|
JML HBE
|
TGL
|
URAIAN KEGIATAN
|
|||||
Minggu
|
7
|
14
|
21
|
28
|
||||
Senin
|
1
|
8
|
15
|
22
|
29
|
4
|
8
|
Tahun Baru
Imlek
|
Selasa
|
2
|
9
|
16
|
23
|
4
|
29
|
UTS
|
|
Rabu
|
3
|
10
|
17
|
24
|
4
|
|||
Kamis
|
4
|
11
|
18
|
25
|
4
|
|||
Jumat
|
5
|
12
|
19
|
26
|
4
|
|||
Sabtu
|
6
|
13
|
20
|
27
|
4
|
|||
JUMLAH
|
24
|
6 Minggu Efektif
|
MARET 2016
|
JML HBE
|
TGL
|
URAIAN KEGIATAN
|
|||||
Minggu
|
6
|
13
|
20
|
27
|
||||
Senin
|
7
|
14
|
21
|
28
|
4
|
1-5
|
UTS
|
|
Selasa
|
1
|
8
|
15
|
22
|
29
|
5
|
9
|
Hari Raya Nyepi
|
Rabu
|
2
|
9
|
16
|
23
|
30
|
4
|
25
|
Wafat Isa Al-Masih
|
Kamis
|
3
|
10
|
17
|
24
|
31
|
5
|
||
Jumat
|
4
|
11
|
18
|
25
|
3
|
|||
Sabtu
|
5
|
12
|
19
|
26
|
4
|
|||
JUMLAH
|
25
|
6 Minggu Efektif
|
APRIL 2016
|
JML HBE
|
TGL
|
URAIAN KEGIATAN
|
|||||
Minggu
|
3
|
10
|
17
|
24
|
||||
Senin
|
4
|
11
|
18
|
25
|
4
|
|||
Selasa
|
5
|
12
|
19
|
26
|
4
|
|||
Rabu
|
6
|
13
|
20
|
27
|
4
|
|||
Kamis
|
7
|
14
|
21
|
28
|
4
|
|||
Jumat
|
1
|
8
|
15
|
22
|
29
|
5
|
||
Sabtu
|
2
|
9
|
16
|
23
|
30
|
5
|
||
JUMLAH
|
26
|
6 Minggu Efektif
|
MEI 2016
|
JML HBE
|
TGL
|
URAIAN KEGIATAN
|
|||||
Minggu
|
1
|
8
|
15
|
22
|
29
|
|||
Senin
|
2
|
9
|
16
|
23
|
30
|
5
|
3-7
|
Perkiraan US SD/MI
|
Selasa
|
3
|
10
|
17
|
24
|
31
|
5
|
16-18
|
Perkiraan UN SD/MI
|
Rabu
|
4
|
11
|
18
|
25
|
4
|
30-31
|
Ujian Semester Genap
|
|
Kamis
|
5
|
12
|
19
|
26
|
4
|
|||
Jumat
|
6
|
13
|
20
|
27
|
4
|
|||
Sabtu
|
7
|
14
|
21
|
28
|
4
|
|||
JUMLAH
|
26
|
6 Minggu Efektif
|
JUNI 2016
|
JML HBE
|
TGL
|
URAIAN KEGIATAN
|
|||||
Minggu
|
5
|
12
|
19
|
26
|
||||
Senin
|
6
|
13
|
20
|
27
|
2
|
1-4
|
Ujian Semester Genap
|
|
Selasa
|
7
|
14
|
21
|
28
|
2
|
6-11
|
Libur Awal Puasa
|
|
Rabu
|
1
|
8
|
15
|
22
|
29
|
3
|
13-18
|
Pengolahan Nilai Semester II
|
Kamis
|
2
|
9
|
16
|
23
|
30
|
3
|
20-24
|
Pesantren Kilat
|
Jumat
|
3
|
10
|
17
|
24
|
3
|
25
|
Pembagian Rapor
|
|
Sabtu
|
4
|
11
|
18
|
25
|
3
|
|||
JUMLAH
|
16
|
6 Minggu Efektif
|
BAB
IV
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)
SATUAN PENDIDIKAN
DAN
STANDAR KOMPETENSI KELOMPOK MATA PELAJARAN
A. Standar Kompetensi Lulusan Satuan
Pendidikan (SKL-SP) SDN No.10 Ela-Ela Kecamatan Ujung Bulu
Standar Kompetensi Lulusan Satuan
Pendidikan (SKL-SP) dikembangkan berdasarkan tujuan setiap satuan pendidikan,
yakni : Meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian ahlak mulia,
serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut
Adapun Standar Kompetensi Lulusan Satuan
Pendidikan (SKL.SP) selengkapnya adalah :
1.
Menjalankan ajaran agama yang dianut
sesuai dengan tahap perkembangan anak.
2.
Mengenal kekurangan dan kelebihan diri
sendiri
3.
Mematuhi aturan-aturan sosial yang
berlaku dalam lingkungannya.
4.
Menghadapi keberagaman agama, budaya,
suku, ras dan golongan social ekonomi di lingkungan sekitarnya.
5.
Menggunakan informasi tentang lingkungan
sekitar secara logis, kritis dan kreatif
6.
Menunjukkan kemampuan berfikir logis,
kritis dan kreatif dengan bimbingan guru/pendidik.
7.
Menunjukkan rasa keingintahuan yang
tinggi dan menyadari potensinya.
8.
Menunjukkan kemampuan memecahkan masalah
sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
9.
Menunjukkan kemampuan mengenali gejala
alam dan social di lingkungan sekitar
10.
Menunjukkan kecintaan dan kepedulian
terhadap lingkungan
11.
Menunjukkan kecintaan dan kebanggaan
terhadap bangsa, negara dan Tanah Air Indonesia.
12.
Menunjukkan kemampuan untuk melakukan
kegiatan seni dan budaya local.
13.
Menunjukkan kebiasaan hidup bersih,dan
menggunakan waktu luang
14.
Berkomunikasi secara jelas dan santun
15.
Bekerja sama dalam kelompok, tolong
menolong dan menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman sebaya.
16.
Menunjukkan kegemaran membaca dan
menulis
17.
Menunjukkan keterampilan menyimak,
berbicara, membaca menulis dan berhitung.
B. Standar Kompetensi Kelompok Mata
pelajaran (SK-KMP) Sekolah Dasar Negeri
Standar
Kompetensi kelompok Mata Pelajaran (SK.KMP) SD. Neg.10 Ela-Ela Kecamatan Ujung
Bulu terdiri atas kelompok-kelompok mata pelajaran :
1. Agama
dan Ahlak mulia
2. Kewarganegaraan
dan kepribadian
3. Ilmu
pengetahuan dan teknologi
4. Estetika
5. Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan
Standar
Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK.KMP) dikembangkan berdasarkan tujuan dan
cakupan muatan local dan / atau kegiatan setiap kelompok mata pelajaran yakni :
1.
Kelompok mata pelajaran Agama dan Ahlak
Mulia bertujuan : membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan
bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berahlak mulia. Tujuan tersebut
dicapai melalui muatan dan /atau kegiatan agama, kewarganegaraan, kepribadian,
ilmu pengetahuan dan teknologi, estetika, jasmani, olah raga dan kesehatan.
2.
Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan
dan kepribadian bertujuan : Membentuk peserta didik menjadi manusia yang
memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Tujuan ini dicapai melalui muatan
dan / atau kegiatan agama, ahlak mulia, kewarganegaraan, bahasa seni dan seni
dan budaya dan pendidikan jasmani.
3.
Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan
dan teknologi bertujuan pada satuan pendidikan SD, tujuan ini dicapai melalui
mutan dan / atau kegiatan bahasa, matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu
pengetahuan sosial, keterampilan/kejuruan, dan muatan lokal yang relevan.
4.
Kelompok mata pelajaran Estetika
bertujuan ; Membentuk karakter peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa
seni dan pemahaman budaya. Tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan
berbahasa, seni dan budaya, keterampilan, dan muatan lokal yang relevan
5.
Kelompok mata pelajaran jasmani, olah
raga dan kesehatan bertujuan : Membentuk karakter peserta didik agar sehat
jasmani dan rohani, dan menumbuhkan rasa sportivitas. Tujuan ini dicapai
melalui muatan dan/atau kegiatan pendidikan jasmani, olah raga, pendidikan
kesehatan, ilmu pengetahuan alam, dan muatan lokal yang relevan.
Adapun Standar Kompetensi Kelompok
Mata pelajaran (SK.KMP) untuk masing-masing satuan pendidikan selengkapnya
adalah sebagai berikut :
1.
Agama dan Ahlak Mulia
a.
Menjalankan ajaran agama yang dianut
sesuai dengan tahap perkembangan anak.
b.
Menunjukkan sikap jujur dan adil
c.
Mengenal keberagaman agama,
budaya,suku,ras dan golongan sosial ekonomi dilingkungan sekitarnya
d.
Berkomunikasi secara santun yang
mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai mahluk Tuhan
e.
Menunjukkan kebiasaan hidup bersih,
sehat, bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang sesuai dengan tuntunan
agamanya.
f.
Menunjukkan kecintaan dan kepedulian
terhadap sesama manusia dan lingkungan
sebagai ciptaan Tuhan
2.
Kewarganegaraan dan kepribadian
a.
Menunjukkan kecintaan dan kebanggaan
terhadap bangsa negara dan tanah air Indonesia.
b.
Mematuhi aturan-aturan social yang
berlaku dalam lingkungannya.
c.
Menghargai keberagaman agama, budaya,
suku, ras, golongan sosial ekonomi di lingkungan sekitarnya.
d.
Menunjukkan kecintaan dan kepedulian
terhadap lingkungan
e.
Mengenal kekurangan dan kelebihan diri sendiri.
f.
Menunjukkan rasa keingintahuan yang
tinggi dan menyadari potensinya
g.
Berkomunikasi secara santun.
h.
Menunjukkan kegunaan membaca.
i.
Menunjukkan kebiasaan hidup bersih,
sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang.
j.
Bekerja sama dalam kelompok, tolong
menolong, dan menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman sebaya.
k.
Menunjukkan kemampuan diri melalui kegiatan seni dan budaya lokal.
3. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
a.
Mengenal dan menggunakan berbagai
informasi tentang lingkungan sekitar secara logis, kritis dan kreatif.
b.
Menunjukkan kemampuan berfikir logis,
kritis dan kreatif dengan bimbingan guru/pendidik.
c.
Menunjukkan rasa keingintahuan yang
tinggi
d.
Menunjukkan kemampuan memecahkan masalah
sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
e.
Menunjukkan kemampuan mengenali gejala
alam sosial dilingkungan
sekitar.
f.
Menunjukkan keterampilan menyimak,
berbicara, membaca, menulis dan berhitung
g.
Menunjukkan kebiasaan hidup bersih,
sehat, bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang
4. Estetika
a.
Menunjukkan kemampuan untuk melakukan
kegiatan seni dan budaya lokal
5. Jasmani, Olah raga, dan kesehatan
a.
Menunjukkan kebiasaan hidup bersih,
sehat bugar aman dan memanfaatkan waktu luang.
C. Standar Kompetensi Lulusan Mata
Pelajaran
1.
Sekolah
Dasar Negeri No.10 Ela-Ela
a. Pendidikan
Agama Islam
1.
Menyebutkan, menghafal, membaca dan
mengartikan surat-surat pendek dalam Al-Quran mulai surat Al-Fatihah
sampaisurat Al-Alaq.
2.
Mengenal dan meyakini aspek-aspek rukun
iman dari iman kepada Allah sampai iman kepada Qada dan Qadar
3.
Berperilaku terpuji dalam kehidupan
sehari-hari serta menghindari perilaku tercela.
4.
Mengenal dan melaksanakan rukun islam
mulai dari bersuci (thaharah) sampai zakat serta mengetahui tata cara
pelaksanaan ibadah haji.
5.
Menceritakan kisah nabi-nabi serta
mengambil teladan dari kisah tersebut dan menceritakan kisah tokoh orang-orang
tercela dalam kehidupan sahari-hari
b.
Pendidikan Kewarganegaraan
1.
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
2.
Memahami dan menerapkan hidup rukun
dirumah dan disekolah
3.
Memahami kewajiban sebagai warga dalam
keluarga dan sekolah
4.
Memahami hidup tertib dan gotong royong
5.
Menampilkan sikap cinta lingkungan
dan demokratis
6.
Menampilkan perilaku jujur, disiplin,
senang bekerja dan anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan
nilai-nilai pancasila.
7.
Memahami sistem pemerintahan, baik pada
tingkat daerah maupun pusat.
8.
Memahami makna keutuhan negara kesatuan
Republik Indonesia, dengan kepatuhan terhadap Undang-Undang, peraturan,
kebiasaan, adat-istiadat
9.
Memahami dan menghargai makna
nilai-nilai perjuangan bangsa
10.
Memahami hubungan Indonesia dengan
negara tetangga dan politik luar negeri
c. Bahasa
Indonesia
1. Mendengarkan
Memahami wacana lisan
berbentuk perintah, penjelasan, petunjuk, pesan, pengumuman, berita, deskripsi
berbagai peristiwa dan benda disekitar, serta karya sastra berbentuk dongeng,
puisi, cerita, drama, pantun dan cerita rakyat
2. Berbicara
Menggunakan wacana
lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam kegiatan
perkenalan, tegur sapa, percakapan sederhana, wawancara, percakapan telepon,
diskusi, pidato, deskripsi peristiwa dan benda disekitar, member petunjuk,
deklamasi, cerita, pelaporan hasil pengamatan, pemahaman isi buku dan berbagai
karya sastra untuk anak berbentuk dongeng, pantun, drama dan puisi.
3. Membaca
Menggunakan berbagai
jenis membaca untuk memahami wacana berupa petunjuk, teks panjang, dan berbagai
karya sastra untuk anak berbentuk puisi, dongeng, pantun, percakapan, cerita
dan drama.
4. Menulis
Melakukan berbagai
jenis kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan informasi dalam
bentuk karangan sederhana, petunjuk, surat, pengumuman, dialog, formulir, teks
pidato, laporan, anak berbentuk cerita, puisi dan pantun
d. Matematika
1.
Memahami konsep bilangan bulat dan
pecahan, operasi hitung dan sifat-sifatnya, serta menggunakannya dalam
pemecahan masalah kehidupan sehari-hari.
2.
Memahami bangun datar dan bangun ruang
sederhana, unsure-unsur dan sifat-sifatnya, serta menerapkannya dalam pemecahan
masalah kehidupan sehari-hari.
3.
Memahami konsep ukuran dan pengukuran
berat, panjang, luas, volume sudut, waktu, kecepatan, debit, serta
mengaplikasikannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari.
4.
Memahami konsep koordinat untuk
menentukan letak benda dan menggunakannya dalam pemecahan masalah kehidupan
sehari-hari.
5.
Memahami konsep pengumpulan data,
penyajian data dengan table, gambar dan grafik (diagram), mengurutkan data,
rentangan data, deretan hitung, modus serta menerapkannya dalam pemecahan
masalah kehidupan sehari-hari.
6.
Memiliki sikap menghargai matematika dan
kegunaannya dalam kehidupan.
7. Memiliki
kemampuan berfikir logis, kritis dan kreatif.
e.
Ilmu
Pengetahuan Alam
1.
Melakukan pengamatan terhadap gejala
alam dan menceritakan hasil pengamatan secara lisan dan tertulis.
2.
Memahami penggolongan hewan dan
tumbuhan, serta manfaat hewan dan tumbuhan bagi manusia, upaya pelestariannya,
dan interaksi antara mahluk hidup dengan lingkungannya.
3.
Memahami bagian-bagian tubuh manusia,
hewan dan tumbuhan, serta fungsinya dan perubahan-perubahan pada mahluk hidup.
4.
Memahami beragam sifat benda hubungannya
dengan penyusunannya, perubahan wujud benda dan kegunaannya.
5.
Memahami berbagai bentuk energi,
perubahan dan manfaatnya.
6.
Memahami matahari sebagai pusat tata
surya, kenampakan dan perubahan permukaan bumi, dan hubungan peristiwa alam
dengan kegiatan manusia.
f.
Ilmu
Pengetahuan Sosial
1.
Memahami identitas diri dan keluarga,
serta mewujudkan sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga.
2.
Mendeskripsikan kedudukan dan peran
anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga serta kerja sama diantara
keduanya.
3.
Memahami sejarah, kenampakan alam, dan
keragaman suku bangsa di Indonesia kabupaten/kota dan provinsi
4.
Mengenal sumber daya alam, kegiatan
ekonomi, dan keinginan teknologi dilingkungan kabupaten / kota provinsi
5.
Menghargai berbagai peninggalan dan
tokoh sejarah nasional, keragaman suku bangsa serta kegiatan ekonomi di
Indonesia.
6.
Menghargai peranan tokoh pejuang dalam
mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
7.
Memahami perkembangan wilayah Indonesia,
keadaan sosial negara di Asia Tenggara serta benua-benua.
8.
Mengenal gejala (peristiwa) alam yang
terjadi di Indonesia dan negara tetangga, serta dapat melakukan tindakan dalam
menghadapi bencana alam.
9.
Memahami peranan Indonesia di era
global.
g. Seni Budaya dan Keterampilan
o
Seni Rupa
1.
Mengapresiasikan dan mengekspresikan
keartistikan karya seni rupa terapan melalui gambar ilustrasi dengan tema benda
alam yang ada di daerah setempat.
2.
Mengapresiasi dan mengekspresikan
keartistikan karya seni rupa murni melalui pembuatan relief dari bahan
plastisin/tanah liat yang ada di daerah setempat.
3.
Mengapresiasi dan mengekspresikan
keunikan karya seni rupa nusantara dengan motif hias melalui gambar dekoratif
dan ilustrasi bertema hewan, manusia dan kehidupannya serta motif hias dengan
teknik batik.
4.
Mengapresiasi dan membuat karya
kerajinan dan benda permainan dengan teknik meronce dan macramé.
5.
Mengapresiasi dan membuat karya
kerajinan anyaman dengan menggunakan berbagai bahan.
6.
Mengapresiasi dan membuat karya benda
mainan beroda dengan menggunakan berbagai bahan.
h. Pendidikan Jasmani, Olah raga dan
Kesehatan
1.
Mempraktekkan gerak dasar lari, lompat
dan jalan dalam permainan sederhana serta nilai-nilai dasar sportivitas seperti
kejujuran, kerja sama dan lain-lain.
2.
Mempraktekkan gerak ritmik meliputi
senam pagi, senam kesegaran jasmani (SKJ) dan aerobik.
3.
Mempraktekkan gerak ketangkasan seperti
ketangkasan dengan tanpa alat, serta senam lantai.
4.
Mempraktekkan gerak dasar renang dalam
berbagai gaya serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
5.
Mempraktekkan kebugaran dalam bentuk
meningkatkan serta koordinasi otot.
6.
Mempraktekkan berbagai keterampilan
gerak dalam kegiatan penjelajahan di luar sekolah seperti perkemahan, piknik
dan lain-lain.
7.
Memahami budaya hidup sehat dalam bentuk
menjaga kebersihan diri dan lingkungan, mengenal makanan sehat, mengenal
berbagai penyakit dan pencegahannya serta menghindari diri dari narkoba.
i.
Bahasa
Inggris
1.
Mendengarkan
Memahami intruksi,
informasi dan cerita sangat sederhana yang disampaikan secara lisan dalam
konteks kelas, sekolah dan lingkungan sekitar.
2.
Berbicara
Mengungkapkan makna
secara lisan dalam wacana interpersonal dalam transaksional sangat sederhana
dalam bentuk instruksi dan informasi dalam konteks kelas, sekolah, dan lingkungan
sekitar.
3.
Membaca
Membaca nyaring dan
memahami makna dalam intruksi, informasi, teks fungsional pendek, dan
deskriftif bergambar sangat sederhana yang disampaikan secara tertulis dalam
konteks kelas, sekolah, dan lingkungan sekitar.
4.
Menulis
Menuliskan kata,
ungkapan dan teks fungsional pendek sangat sederhana dengan ejaan dan tanda
baca yang tepat.
BAB V
PENUTUP
Dengan
tersusunya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SD Negeri 10 Ela - Ela ini
diharapkan guru mempunyai kemampuan yang besar dalam memberdayakan alat-alat yang sesuai
pembelajaran baik didalam maupaun di luar kelas. Tidak ada alasan bagi guru
untuk tidak melaksanakan KTSP SD Negeri 10 Ela - Ela yang telah dibuat secara
bersama melalui rapat kerja tahunan.
Kurikulum ini tidak hanya sebagai pelengkap
hiasan lemari sekolah tetapi lebih dari itu harus dijadikan sebagai :
Ø Pedoman
dan Petunjuk pelaksanaan dalam kegiatan pembelajaran,menyusun silabus,menyusun
program, menyusun RPP dan menetapkan KKM.
Ø Pegangan guru
SD Negeri 10 Ela - Ela dalam peningkatan mutu lulusan.
Ø Bagi
guru, Pedoman dan petunjuk dalam menjelaskan konsep-konsep dan subkonsep mata
pelajaran.
Ø Bagi
siswa : Pedoman dan petunjuk agar dapat memperoleh keterampilan untuk mengamati,
mencoba dan menggunakan seluruh indranya dalam proses pembelajaran
Ø
Membekali
siswa dengan berbagai kemampuan dan ilmu pengetahuan.
Kami menyadari dalam
penyusunan KTSP SD Negeri 10 Ela – Ela- ini masih jauh dari kesempurnaan untuk itu saran perbaikan dan keritikan yang
membangun demi kesempurnaan KTSP ini pada masa mendatang sebelumnya kami
haturkan banyak terima kasih, teriring doa jazakumullah khairan.
DAFTAR PUSTAKA
Depdiknas ( 2006 ). Administrasi
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan , Jakarta :
Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan
Tenaga Kependidikan , Direktorat Tenaga
Kependidikan.
Dinas
Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, ( 2006 ) Sosialisasi Permen Diknas No.
22, 23,
24, Tahun 2006 Tentang
Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan .
Dinas
Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, ( 2006 ) Sosialisasi Permen Diknas No.
22,
23,
24, Tahun 2006 Puskur Balitbang.
BNSP,
( 2006 ) Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jakarta .
Puskur
Balitbang.
Peraturan
Pemerintah No. 19 Tahun 2005, standar Pendidikan Nasional , Jakarta :
Puskur
Balitbang.
Undang – Undang No. 20 Tahun 2003,
Pengertian Kurikulum Jakarta, Puskur Balitbang.
Komentar
Posting Komentar